10 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips menjaga kesehatan ginjal – ginjal merupakan organ tubuh manusia yang memiliki fungsi penting. Karena fungsi pentingnya tersebut maka ginjal harus benar benar dijaga dengan baik. Karena sekarang banyak sekali faktor faktor dari luar yang dapat mengganggu ginjal. pada kesempatan kali ini, onherba.com akan berbagi tips untuk anda tentang bagaimana cara menjaga ginjal.

Selain jantung, ginjal juga merupakan organ utama manusia yang memiliki fungsi penting. Jadi, penting juga untuk menjaga ginjal agar tetap sehat 

Sebelum membahas tentang tips tips dan cara menjaga kesehatan ginjal, ada baiknya kitabahas dulu mengenai fungsi utama ginjal. fungsi ginjal antara lain yaitu ;

  • Menyaring dan membersihkan racun racun darah.
  • Mengatur dan menyeimbangkan asam dan basa.
  • Memiliki peran penting pada proses pembentukan urin.
  • Membantu mengontrol tekanan darah.
  • Membantu mengontrol gula darah.
  • Membantu menjaga kesehatan tulang.
  • Merangsang pembentukan sel darah merah.
  • Mengatur kalium dalam darah
  • Membantu proses penyerapan vitamin D.
  • Membantu menjaga konsentrasi air dalam tubuh.

Itulah fungsi penting ginjal. karena itu ginjal harus dijaga agar tetap sehat. berikut tips tips menjaga kesehatan ginjal.

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Rajin mengkonsumsi air putih

10 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal - rajin minum air putih

Tips menjaga kesehatan ginjal pertama adalah rajin minum air putih. Air putih merupakan salah satu asupan terpenting yang dibutuhkan ginjal. Minumlah air putih minimal 2 liter sehari. Karena air putih akan melancarkan metabolisme serta ikut membantu ginjal menyaring racun pada saat metabolisme berlangsung. Selain itu, ginjal yang suplaian airnya cukup akan terhindari dari terjadinya pengendapan atau batu ginjal.

2. Rutin olahraga

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa kegiatan olahraga memang memiliki berjuta juta manfaat. Salah satunya adalah menjaga kesehatan ginjal. olahraga mampu melancarkan peredaran darah ginjal. hal tersebut tentunya akan memudahkan ginjal melakukan fungsinya.

3. Berhenti merokok

Salah satu bahaya yang dapat mengancam kesehatan ginjal adalah kebiasaan merokok. Zat zat yang terkandung pada rokok seperti tar dan nikotin dapat mengancam kesehatan ginjal bahkan berpotensi merusak ginjal. oleh karena itu, berhenti merokok adalah hal paling tepat untuk menjaga kesehatan ginjal.

4. Berhenti mengkonsumsi alkohol

Selain rokok, kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kinerja ginjal serta berpotensi merusak ginjal adalah sering mengkonsumsi alkohol. Maka dari itu mulai sekarang tinggalkanlah alkohol. Selain alkoho, jenis minuman lain seperti soda dan kafein juga tidak baik untuk ginjal.

5. Mengontrol gula darah

Tips menjaga ginjal berikutnya adalah mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. ya, gula darah memang berkaitan dengan ginjal. Bahkan, orang yang menderita diabetes juga berpotensi mengalami gagal ginjal.

6. Mengontrol tekanan darah

Selain gula darah, mengontrol tekanan darah juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan ginjal. karena apabila tekanan darah tinggi dan tak terkendali, maka kemungkinan aliran darah ginjal akan terganggu. Bahkan bisa tersumbat dan mengganggu kinerja ginjal.

7. Membatasi mengkonsumsi makanan berkalsium

Kalsium memang dibutuhkan tubuh, bahkan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ginjal. akan tetapi jika jumlah kalsium dalam tubuh melebihi batas normal maka akan berbahaya juga. Kalsium yang berlebihan dan menumpuk di ginjal lama  kelamaan akan mengendap dan mengeras menjadi batu ginjal.

8. Membatsi mengkonsumsi makanan yang mengandung purin

Cara menjaga kesehatan ginjal selanjutnya adalah membatasi mengkonsumsi makanan yang mengandung purin. Selain dapat menyebabkan asam urat, purin juga dapat menyebabkan batu ginjal. purin yang menumpuk di ginjal lama lama akan mengendap dan mengeras menjadi batu ginjal.

9. Mengontrol berat badan

Obesitas memang memiliki banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan tubuh. termasuk buruk untuk kesehatan ginjal. Lemak lemak dalam tubuh dan ginjal dapat mengakibatkan ginjal terbebani sehingga kinerjanya terganggu.

10. Kurangi mengkonsumsi obat obatan

Mengkonsumsi obat saat sedang sakit memang harus dilakukan. Tetapi sebaiknya jangan terlalu berlebihanjuga mengkonsumsinya. Karena beberapa jenis obat dapat mempengaruhi beberapa organ tubuh seperti liver dan ginjal.

Itulah tips menjaga kesehatan ginjal yang dapat anda lakukan mulai dari sekarang. tidaklah sulit bukan? karena menjaga kesehatan ginjal itu perli dan sangat penting untuk dilakukan.


STONOF | OBAT HERBAL MENGATASI BATU GINJAL

Aman, Alami, & Praktis

Terbuat dari 100% bahan herbal

STONOF | Obat Herbal Batu Ginjal Terbaik & Terbukti Ampuh

STONOF adalah solusi paling tepat untuk anda yang memiliki masalah ginjal seperti bati ginjal. Stonof terbuat dari 100% bahan herbal alami. herbal alami yang terkandung pada Stonof antara lain adalah buah mengkudu, daun pegagan, kumis kucing, daun sambiloto, dan herbal rahasia lainnya yang efektif menghancurkan batu ginjal.

Manfaat STONOF  secara keseluruhan

  1. Menghancurkan dan meluruhkan batu ginjal.
  2. Mencegah dan mengatasi radang saluran kemih.
  3. Meredakan rasa sakit akibat gejala batu ginjal.
  4. Membersihkan racun dan toxin pada ginjal.
  5. Memperbaiki dan meningkatkan kinerja ginjal.
  6. Membantu meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh.

~ DAPATKAN STONOF DENGAN CARA KLIK DI SINI