Makanan sehat yang baik untuk ginjal

Makanan sehat yang baik untuk ginjal – selain jantung, ginjal merupakan organ penting tubuh karena memiliki fungsi yang penting juga. Fungsi ginjal antara lain adalah untuk membentuk urin, mengatur keseimbangan asam dan basa tubuh, mengontrol tekanan darah, dan fungsi ginjal yang paling penting adalah menyaring dan membersihkan darah dari racun.

Memiliki fungsi menyaring dan membersihkan darah dari racun membuat ginjal menjadi salah satu organ tubuh paling penting yang harus dijaga kesehatannya.

Karena fungsi fungsi itulah ginjal harus tetap sehat. ada banyak cara menjaga kesehatan ginjal. salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ginjal.

Makanan Sehat untuk Ginjal

Makanan yang paling baik untuk menjaga ginjal agar tetap sehat dan menjalankan fungsingnya dengan baik antara lain sebagai berikut.

1. Bawang putih

Salah satu makanan sehat untuk ginjal adalah bawang putih. Ya, selain mampu membantu menurunkan tekanan darah ternyata bawang putih juga mampu melindungi ginjal dari serangan radikal bebas yang dapat merusak ginjal. hal tersebut disebabkan karena makanan jenis rempah rempah ini memiliki sifat diuretik.

2. Bawang bombay

Selain bawang putih, bawang bombay juga berkhasiat melindungi ginjal dan menghancurkan zat zat yang dapat mengganggu kesehatan ginjal.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga merpakan makanan sehat yang baik untuk ginjal. vitamin C dan senyawa flavanoid pada jeruk nipis sangat efektif mencegah terjadinya pengendapan zat zat darah yang kemudian menjadi batu ginjal.

4. Ceri

Selain jeruk nipis, buah lain yang baik untuk kesehatan ginjal adalah ceri. Buah ceri mengandung vitamin yang sangat tinggi yang mampu menjaga dan melindungi kesehatan ginjal.

5. Apel

Makanan sehat untuk ginjal jenis buah yang selanjutnya adalah apel. Dengan mengkonsumsi apel setiap hari, racun racun yang ada pada darah dan tubuh akan disaring dan dibuang. Kandungan gizi pada apel bekerja membuang racun bersamaan dengan kinerja ginjal.

6. Stroberi

Buah merah yang memiliki warna merah ini ternyata juga baik untuk ginjal. stroberi mengandung anthociyanin, ellagitannins, dan juga vitamin c yang sangat tinggi. Karena itulah mengkonsumsi stroberi akan membuat ginjal leboh terlindungi dari serangan radikal bebas dari luar.

7. Rasberi

Selain stroberi, jenis buah beri lain yang dapat menjaga kesehatan ginjal adalah rasberi. Buah beri ini mengandung suatu zat penitng yaitu phytonutrient yang dapat melindungi ginjal dari serangan radikal bebas. Selain zat tersebut, rasberi juga mengandung antosianin yang efektif memaksimalkan kinerja ginjal dalam menjalankan fungsiny

8. Putih telur

Makanan sehat yang baik untuk ginjal selanjutnya adalah putih telur. Selain mengandung protein yang cukup tinggi, putih telur juga mengandung asam amino yang dapat melindungi dan menjaga kesehatan ginjal.

9. Bayam

Salah satu makanan yang baik untuk kesehatan ginjal jenis sayur adalah bayam. Bayam dikenal sebagai sayuran yang kaya akan serat dan vitamin. Selain itu, bayam juga mengandung magnesium yang sangat tinggi yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan ginjal.

10. Kecambah

Kecambah atau yang biasa disebut tauge juga merupakan sayuran yang baik untuk kesehatan ginjal. vitamin c dan serat yang terkandung di dalam kecambah mampu melindungi ginjal dari serangan radikal bebas.

11. Paprika merah

Paprika merah ternyata juga baik untuk ginjal. selain mengoptimalkan kinerja ginjal dan juga melindungi ginjal dari serangan radikal bebas, paprika merah juga dapat membantu ginjal dalam menghancurkan limbah dan racun tubuh.

12. Asparagus

Asparagus juga merupakan salah satu sayuran yang baik untuk ginjal. sifat diuretik yang dimiliki asparagus mampumembantu ginjal mengendalikan racun racun darah.

13. Kubis

Kubis merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C dan vitamin A. Karena itulah kubis masuk dalam salah satu makanan sehat yang baik untuk ginjal. selain vitamin A dan vitamin C, kubis juga mengandung flavanoid,karoteoid, dan juga vitamin K yang dapat melindungi ginjal dari serangan radikal bebas.

STONOF | OBAT HERBAL KAPSUL BATU GINJAL

Aman, Alami, Praktis, & Tidak ribet

STONOF - Obat herbal kapsul batu ginjal

Dapatkan STONOF DISINI


Artikel Terkait 

10 faktor penyebab batu ginjal yang tak boleh diremehkan

pilihan cara mengobati batu ginjal