13 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Makanan sehat untuk jantung – jantung merupakan induk organ tubuh manusia. Manusia siapapun tidak bisa hidup tanpa jantung walau hanya sedetik. Maka dari itu perlu halnya kita untuk menjaga kesehatan jantung mulai dari sekarang

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat untk jantung serta membatasi mengkonsumsi makanan yang tidak sehat untuk jantung. Kali ini onherba.com akan membahas mengenai makanan apa saja yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebelum itu, ada baiknya kita bahas dulu apa saja fungsi jantung dan mengapa kita tidak bisa hidup tanpa jantung walau hanya sedetik.

Fungsi Jantung

  • Memompa darah melalui pembuluh darah.
  • Memompa darah menuju paru paru untuk mendapatkan oksigen.
  • Menerima oksigen dari paru paru.
  • Menerima dan melakukan peredaran darah dari seluruh tubuh.
  • Menerima dan melakukan peredaran tubuh ke seluruh tubuh.
  • Mencegah terjadinya darah dari kekurangan oksigen.
  • Membuang zat sisa metabolisme tubuh.
  • Memompa darah.
  • Mengukur jumlah darah yang dipompa.

Makanan Sehat untuk Jantung

1. Ikan salmon

Makanan sehat untuk jantung pertama adalah ikan salmon. Selain tinggi protein, salmon adalah jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Ikan salmon dipercaya sangat efektif menjaga kesehatan jantung dan juga mencegah terjadinya gangguan gangguan jantung. Selain itu ikan salmon juga efektif menurunkan kadar trigeliserida.

2. Ikan tuna

Selain ikan salmon, ikan tuna juga mengandung asam lemak omega-3 yang tak kalah tinggi. Dimana pmega-3 sangat baik untuk melindungi dan menjaga kesehatan jantung.

3. Kacang almond

Jenis makanan untuk menjaga kesehatan jantung berikutnya adalah kacang almond. Kacang almond merupakan jenis kacang kacangan yang tinggi akan vitamin E dan juga lemak tak jenuh dimana lemak tak jenuh ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kacang almond juga mengandung zat gizi penting lain seperti kalium, kalsium, magnesium dan juga protein.

4. Beras merah

Dibanding beras putih biasa, beras merah lebih bisa menyehatkan jantung. Beras merah mengandung zat antioksidan tinggi untuk melindungi jantung dari serangan radikal bebas dan juga menstabilkan kinerja jantung.

5. Kedelai

Jenis makanan sehat untuk jantung berkutnya adalah kedelai beserta olahannya seperti tahu, tempe, dll. kedelai mengandung protein yang sangat tinggi. Dimana protein dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

6. Wortel

Makanan sehat untuk jantung berikutnya adalah sayuran wortel. Wortel dikenal sebagai syur yang kaya akan vitamin A tinggi yang baik untuk kesehatan mata. Ternyata selain vitamin A wortel juga mengandung asam folat, potassium, dan juga magnesium yang cukup tinggi. Zat gizi tersebur mampu menjaga jantung seperti membangun otot jantung dan mencegah serangan jantung.

7. Tomat

Selain wortel, ternyata tomat juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tomat mengandung vitamin C dan juga likopen yang sangat tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

8. Bayam

Makanan jenis sayur untuk menjaga kesehatan jantung selain tomat dan wortel adalah bayam. Bayam mengandung zat phytocemical, asam folat, dan juga zat besu. Zit gizi tersebut sangat efektif melindungi jantung dari berbagai macam serangan radikal bebas.

9. Ubi jalar

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah ubi jalar. Ubi jalar dipercaya efektif mengatur homosistein dengan baik sehingga resiko terjadinya serangan jantung berkurang. Hal itu karena ubi jalar mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi. Selain itu, ubi jalar juga mengandung magnesium yang mampu meningkatkan kinerja arteri.

10. Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam alpukat memgandung beta caroten dan lycopen yang dapat meningkatkan kinerja jantung dan menjaga agar jantung tetap sehat.

11. Jeruk

Selain alpukat, buah jeruk ternyata juga sangat baik untuk jantung. Jeruk mengandung jenis serat yang baik yaitu serat perctin yang dapat mengontrol kadar kolesterol. Selain itu, jeruk juga dapat mengontrol tekanan darah karena mengandung kalium yang cukup tinggi.

12. Ceri

Selanjutnya ada buah ceri. Ya, ceri sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ceri mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, ceri juga mengandung atoxianin yang dapat melindungi jantung dan pembuluh darah dari serangan radikal bebas.

13. Blueberry

Selain ceri, blueberry juga mengandung antoxianin yang cukup tinggi. Dimana antoxianin ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Itulah makanan untuk menjaga kesehatan jantung anda. Mulai dari sekarang jagalah kesehatan jantung anda karena jantung merupakan induk dari seluruh organ tubuh manusia. Tanpa jantung manusia tidak akan bisa hidup.


MEMPERKENALKAN …

MYCOL – OBAT HERBAL UNTUK MENURUNKAN KOLESTEROL & MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

Alami, Aman, & Praktis

Manfaat MYCOL secara keseluruhan ;

  1. Menyehatkan jantung.
  2. Meningkatkan kinerja jantung.
  3. Mengobati kolesterol.
  4. Menurunkan dan menstabilkan kadar kolesterol.
  5. Menyehatkan tubuh secara keseluruhan.
  6. Meningkatkan stamina dan vitalitas

Baca Juga

8 gejala kolesterol tinggi yang takboleh diabaikan
jenis jenis kolesterol serta batas normalnya dalam tubuh