15 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Makanan penurun kolesterol – selain diabetes dan hipertensi, kolesterol juga merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan komplikasi beberapa macam penyakit yang mematikan

Kolesterol atau lemak darah merupakan zat putih seperti lilin yang terletak di antara dinding pembuluh darah. Sebanarnya kolesterol memiliki banyak fungsi seperti membantu proses pembuatan hormon, memebantu pembentukan vitamn D, memperlancar metabolisme tubuh, dll. Yang berbahaya adalah jika jumlahnya berlebihan karena dapat menyumbat pembuluh darah.

Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol memang dibutuhkan tubuh. Namun, kita tidak perlu lagi mengkonsumsi makanan berkolesterol karena kolesterol sudah diproduksi oleh organ hati. Tapi jika kolesterol dalam tubuh sudah terlanjur tinggi, maka tidak ada salahnya jika anda berusaha menurunkannya dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol tinggi berikut.

1. Jenis Sayur Sayuran

  • Bayam

Bayam merupakan salah satu makanan penurun kolesterol tinggi jenis sayuran. Zat zat gizi pada bayam seperti lutein snagat efektif menurunkan kadar kolesterol tubuh. selain itu, bayam juga bermenfaat melindungi kesehatan jantung.

  • Buncis

Sleain bayam, buncis juga merupakan sayuran yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Sebanyak 1 gelas jus buncis sudah  dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga trigeliserida dalam tubuh.

  • Terong

Terong atau terung ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. kandungan serat larut pada terong sangat efektif membakar dan melunturkan kadar lemak darah.

  • Kedelai

Makanan penurun kolesterol tinggi jenis sayur berikutnya adalah kedelai. Kedelai mengandung zat isoflavin yang sangat efektif membakar kolesterol jahat. Selain isoflavin, kandungan gizi lain yang terdapat pada kedelai hingga mampu menurunkan kadar kolesterol adalah kandungan protein. Ya, kedelai memang sangat tinggi protein.

  • Tomat

Tomat juga merupakan sayuran penurun kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan karena tomat mengandung likopen dimana likopen yang terdapat pada satu buah tomat sudah mampu menurunkan kolesterol sebanyak 10-20%.

2. Jenis Buah Buahan

  • Jeruk nipis

Makanan penurun kolesterol tinggi jenis buah buahan yang pertama adalah jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung flavanoid yang efektif melunturkan lemak darah. Selain itu, vitamin C pada jeruk nipis juga ikut membakar kolesterol.

  • Apel

Apel dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung zat beta-glucan yang dapat mengontrol jumlah kolesterol yang diproduksi dan juga mengandung serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dan juga melindungi jantung. Selain apel yang sudah diolah menjadi cuka juga berkhasiat menurunkan kolesterol jahat dan trigeliserida.

  • Pisang

Kandungan serat dan kalium yang cukup tinggi membuat pisang menjadi salah satu makanan penurun kolesterol tinggi, terutama kolesterol jahat. Selain kolesterol, pisang juga sangat efektif menurunkan tekanan darah dan juga mampu meningkatkan jantung.

  • Semangka

Sama halnya seperti tomat, semangka juga mengandung likopen yang sangat tinggi. Likopen pada semangka tersebut sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Alpukat

Memang benar bahwa alpukat mengandung lemak yang sangat tinggi. Namun, lemak pada alpukat bukanlah lemak jenuh. Justru lemak tak jenuh pada alpukat bermanfaat memerangi kolesterol jahat. Selain itu, lemak tak jenuh pada alpukat juga dapat menjadi antioksdan yang berfungsi melindungi jantung dari penyumbatan arteri.

  • Anggur

Buah penurun berat badan berikutnya adalah anggur. Anggur mengandung beberapa zat penting seperti flavanoid dan juga zat catechin yang sangat efekif menurunkan kadar kolesterol tubuh. sleain itu, anggur juga mengandung serat yang cukup tinggi yang juga dapat menurunkan kolesterol.

3. Jenis makanan berkarbohidrat

  • Beras merah

Selain baik untuk penderita diabetes, beras merah juga sangat baik untuk penderita kolesterol tinggi. Beras merah mengandung beberapa zat penting seperti vitamin B, selenium, magnesium, dan juga fitonutrein yang efektif menurunkan kolesterol. Selain itu, beras merah juga tinggi akan serat.

  • Gandum utuh

Selain beras merah, gandum juga mengandung serat yang sangat tinggi. Dimana serat sangat efektif menurunkan lemak darah tubuh.

4. Jenis ikan

  • Ikan salmon

Makanan penurun kolesterol tinggi jenis ikan yang pertama adalah ikan salmon. Kandungan antioksidan, protein, dan juga omega-3 yang dangat tinggi pada ikan salmon sagat ampuh menurunkan kolesterol jahat dan trigeliserida

  • Ikan tuna

Sama seperti ikan salmon, ikan tuna juga mampu menurunkan kadar kolesterol karena mengandung protein dan omega-3 yang sangat tinggi.


MYCOL | OBAT HERBAL PENURUN KOLESTEROL TINGGI

15 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Mengapa harus MYCOL?

Karena MYCOL lebih alami, praktis, dan juga aman


Artikel Terkait 

5 komplikasi penyakit akibat kolesterol tinggi

8 gejala kolesterol tinggi yang tak boleh diabaikan