5 jenis Batu Ginjal Serta Penyebabnya

Jenis batu ginjal – pernakah anda merasa nyeri di perut bagian belakang? Atau pernahkah anda mengeluarkan urine beedarah saat buang air kecil? Jika benar, maka bisa jadi anda terserang batu ginjal. Batu ginjal sendiri merupakan salah satu gangguan ginjal yang diakibatkan oleh adanya batu batu kecil mirip kerikil di dalam ginjal.

Batu ginjal juga harus segera di atasi. Karena batu ginjal yang terus dibiarkan dan tidak segera diambil dan diobati maka akan dapat mempengaruhi fungsi ginjal

Gejala Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal sendiri dapat dengan mudah kita kenali. Karena batu ginjal memiiliki gejala atau ciri ciri berikut ini ;

  • Nyeri pada perut bagian belakang.
  • Sakit saat buang air kecio.
  • Munculnya darah bersamaan dengan urine saat buang air kecil.
  • Urine mengeluarkan bau yang tidak sedap.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Menggigil.

Karena memiliki gejala gejala di atas, penyakit batu ginjal sangat mudah terdeteksi. Penyebab batu ginjal pun bermacam macam. Namun kebanyakan disebabkan oleh faktor makanan. Berdasarkan, penyebabnya, batu ginjal terbagi menjadi 5 jenis. Antara lain adalah sebagai berikut.

Jenis Jenis Batu Ginjal

1. Batu kalsium oksalat

Jenis batu ginjal pertama adalah batu kalsium oksalat. Batu kalsium oksalat merupakan jenis batu ginjal yang paling umum terjadi. Jenis batu ginjal ini sendiri disebabkan oleh tingginya kadar kalsium oksalat dalam tubuh. Kalsium oksalat dapat dengan mudah membentuk batu ginjal . hal itu terjadi karena urine yang memiliki pH rendah dan bersifat asam  sebagian besar mengandung kalsium oksalat.

Biasanya, jenis batu ginjal kalsium oksalat disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium oksalat. Sehingga kalsium oksalat menumpuk dan membentuk batu ginjal. contoh makanan yang mengandung kalsium oksalat antara lain adalah kedelai, bayam, ubi jalar, terong, daun bawang, buah bit, buncs, dan masih banyak lagi.

[baca juga : Daftar makanan yang mengandung kalsium oksalat tinggi]

2. Batu kalsium fosfat

Jenis batu ginjal yang kedua adalah batu kalsium fosfat. Jeni batu ginjal yang satu inin tidak terlalu umum terjadi, bahkan sangat jarang terjadi. Urine yang memiliki pH tinggi dan bersifat basa sebagian besar mengandung kalsium fosfat. Karena keadaan urine yang seperti itu jarang terjadi, maka batu kalsium fosfat pun jarang terbentuk.

Batu kalsium fosfat juga biasanya juga disebabkan oleh tingginya kadar kalsium fosfat hingga membentuk batu ginjal. Biasanya karena terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium fosfat seperti kerang, brokoli, kacang kacangan, susu, yoghurt, dll.

3. Batu asam urat

Jenis batu ginjal selanjutnya adalah batu asam urat. Batu ginjal asam urat terjadi karena tingginya zat asam urat dalam tubuh sehingga lama lama mengendap di ginjal dan membentuk batu ginjal. Batu ginjal jenis ini juga merupakan salah satu komplikasi penyakit asam urat.

Batu asam urat terjadi karena tingginya kadar purin dalam tubuh. Biasanya karena terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung purin. Contoh makanan berpurin yang dapat menyebabkan asam urat dan batu asam urat adalah jeroan, seafood, alkohol, ragi, kacang kacangan, bayam, buncis, dll.

[Baca juga : Daftar makanan yang tinggi purin]

4. Batu sistin

Jenis batu ginjal berikutnya adalah batu sistin. Jenis batu ginjal ini merupakan salah satu komplikasi penyakit sistinuria. Dimana sistinuria merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar sistin dalam tubuh. sistin merupakan salah satu jenis asam amino yang memiliki fungsi membentuk protein dan menyusun otot dan saraf.

Walaupun memiliki fungsi penting, kadar sistin yang berlebihan juga daapat membahayakan kesehatan. Sistin yang menumpuk dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya kebocoran dinding protein yang berjalan dari ginjal menuju urin. Sehingga menyebabkan sistin mengendap dan membentuk batu ginjal.

5. Batu struvit

Jenis batu ginjal yang terakhir adalah batu struvit. Walaupun jarang terjadi, batu struvit termasuk jenis batu ginjal yang paling berbahaya. Batu struvit sangat berbahaya jika tidak segera di ambil karena sangat cepat membesar. Batu struvit yang semakin membesar dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan saluran ginjal bahkan dapat merusak ginjal.

Batu struvit sendiri disebabkan oleh jumlah strvit yang menumpuk di tibuh hingga mengendap di ginjal menjadi batu ginjal. struvit sendiri adalah salah satu jenis senyawa ammonium magnesium fosfat dari ammonia dan mineral magnesium. Senyawa ini sangat mudah mengedap menjadi batu ginjal.


STONOF | OBAT HERBAL UNTUK MENGATASI BATU GINJAL

Aman, Alami, Praktis, & No efek samping

Terbuat dari 100% bahan herbal alami

STONOF - Obat herbal kapsul batu ginjal bpom

Khasiat Stonof Secara keseluruhan :

  1. Menghancurkan dan meluruhkan batu ginjal
  2. Mengatasi radang saluran kemih
  3. Menghilangkan rasa sakit sebagai akibat dari penyakit batu ginjal
  4. Menghambat pembentukan dan pengendapan batu didalam ginjal
  5. Membersihkan tumpukan zat racun di ginjal
  6. Memperbaiki sistem ginjal dan fungsi ginjal
  7. Meningkatkan daya tahan tubuh.

~ DAPATKAN STONOF DENGAN CARA KLIK DI SINI ~


Baca Juga

10 faktor penyebab batu ginjal yang tak boleh diremehkan
9 tips menjaga kesehatan ginjal