Komplikasi penyakit akibat kolesterol tinggi

Komplikasi penyakit akibat kolesterol tinggi – lemak darah atau kolesterol merupakan zat berwarna putih yang hampir mirip seperti lilin. Letak kolesterol sendiri tepat berada di dinding pembuluh darah. Dalam fungsinya, kolesterol bekerja untuk menjalankan metabolisme organ organ tubuh. selain itu, kolseterol juga berfungsi sebagai penyusun hormon hormon tubuh.

batas normal kadar kolesterol

Walaupun memilki fungsi dan manfaat untuk hormon dan organ tubuh, namun jumlah kolseterol juga tidak boleh berlebihan.

Lalu, berapa batas normal kolesterol dalam tubuh?

batas normal jumlah kolesterol untuk anak anak dan orang dewasa berbeda. Berikut batas jumlah normal kolseterol dalam tubuh;

1. orang dewasa

untuk orang dewasa, batas normal jumlah kolesterol baik (HDL) adalah sebanyak 40 mg/dl, kolesterol jahat (LDL) sebanyak  160 mg/dl, dan trigeliserida sebanyak 160 mg/dl. Jadi, jika dijumlahkan, batas normal jumlah kolseterol total pada orang dewasa adalah 200 mg/dl.

2. anak anak

Untuk anak anak, batas normal jumlah kolesterol baik (HDL) adalah sebanyak 45 mg/dl, kolesterol jahat (LDL) sebanyak 100 mg/dl, dan trigeliserida sebanyak 70 mg/dl. Jadi jika dijumlahkan, batas normal jumlah kolesterol total pada anak anak adalah sebanyak 215 mg/dl.

Sama seperti gula darah, dimana jika jumlahnya berlebihan maka akan membahayakan kesehatan tubuh. kolesterol pun begitu, jumlah kolesterol yang melebihi batas normal juga akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terlebih lagi jika jumlah kolesterol yang berlebihan adalah kolesterol jahat (LDL). Salah satu bahaya akibat dari kolesterol tinggi adalah terjadinya komplikasi berbagai macam penyakit.

Komplikasi penyakit akibat kolesterol tinggi

Kadar lemak darah yang tinggi jika dibirkan lama lama maka akan mengakibatkan terjadinya berbagai macam komplikasi penyakit. Bahkan komplikasi akibat kolesterol tinggi rata rata adalah penyakit mematikan. Berikut beberapa komplikasi penyakit akibat kolesterol tinggi.

1. Jantung koroner

Penyakit menyeramkan pertama  yang bisa terjadi akibat kolesterol tinggi adalah jantung koroner. Bagiamana bisa kolesterol menyebabkan terjadinya jantung koroner? Tentu bisa! Begini penjelasannya…

Lemak darah berada pada dinding pembuluh darah, termasuk pembuluh darah arteri. Jika jumlahnya menumpuk dan dibiarkan terus menerus maka tumpukan kolesetrol tersebut akan menyebabkan terjadinya pengerasan arteri atau yang biasa disebut aterosklerosis. Terjadinya aterosklerosis tersebut menyebabkan pembuluh arteri (koroner) tersumbat. Dan pada akhirnya terjadilah jantung koroner.

2. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Komplikasi penyakit akibat kolesterol tinggi kedua adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi memang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Sebaliknya, kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi. Bagaimana bisa? Terjadinya pengerasan arteri (aterosklerosis) akan membuat jantung memompa darah lebih cepat dan keras. Dan pada akhirnya, tekanan darah pun akan menjadi tinggi.

3. Stroke

Komplikasi penyakit akibat kolesterol tinggi berikutnya adalah stroke. Letak kolesterol atau lemak darah adalah di dinding pembuluh darah. Termasuk pembuluh darah otak. Jika jumlah lemak darah meninggi dan dibiarkan lama lama, maka aliran darah menuju otak yang membawa oksigen dapat tersumbat. Dan pada akhirnya, terjadilah stroke.

4. Tersumbatnya pembuluh darah perifer (PAD)

selain dapat menyumbat pembuluh darah otak dan pembuluh darah arteri, kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah perifer atau PAD (Peripheral Artery Disease ). Mekanisme terjadinya penyumbatan pembuluh darah perifer pun sama seperti mekanisme terjadinya pembuluh darah arteri dan otak. Yaitu diakibatkan karena menumpuknya lemak darah pada dinding pembuluh darah, kemudian terjadi pengerasan dan pada akhirnya menyumbat pembuluh darah perifer.

5. Gangguan ginjal

Selain jantung, kadar lemak darah yang tinggi juga dapat mempengaruhi kesehatan ginjal. jumlah lemak darah yang tinggi akan menyebabkan metabolisme tubuh, termasuk metabolisme ginjal menjadi terganggu. jika lemak darah meningkat dan dibiarkan terus menerus, maka metabolisme protein jahat pada ginjal akan pecah dan pada akhinya menyebabkan kerusakan ginjal.

6. Impotensi (disfungsi ereksi)

Komplikasi penyakit akibat kolesterol tinggi berikutnya berkaitan dengan salah satu gangguan seksual, yaitu impotensi. selain menyumbat pembuluh darah arteri, perifer, dan otak, jumlah lemak darah yang tinggi jika dibiarkan lama lama juga dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah penis. Pembuluh darah penis yang tersumbat menyebabkan penis tidak mampu melakukan ereksi secara maksimal (impotensi).

7. Angin duduk (angina pectoris)

Komplikasi penyakit akibat kolesterol tinggi yang terakhir adalah penyakit angin duduk (angina pectoris). Angin duduk tidak termasuk penyakit kronis, melainkan salah satu penyakit yang bisa datang secara tiba tiba dan dapat mengakibatkan penderitanya meninggal hanya dalam beberapa menit setelah merasakan gejalanya. Angin duduk sendiri disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen yang dibawa pembuluh darah menuju jantung.

Jumlah lemak darah yang tinggi dapat menyebabkan angin duduk karena lemak yang menumpuk pada dinding pembuluh darah dapat menyumbat dam menghalangi pembuluh darah yang membawa oksigen pergi menuju jantung. Dan akhirnya jantung kekurangan oksigen dan terjadilah angin duduk.

Itulah beberapa penyakit akibat kolesterol tinggi. Maka dari itu, jagalah diri anda agar jumlah lemak darah tetap normal. Caranya, yaitu dengan mencegahnya sejak dini.

Cara mencegah kolesterol tinggi

Untuk anda yang memilki kadar kolesterol yang masih normal, tidak ada salahnya jika anda mencegahnya sejak dini agar jumlah kolesterol dalam tubuh anda tidak tinggi. berikut cara mencegah kolesterol sejak dini ;

  1. Membatasi mengkonsumsi makanan yang berlemak, terutama makanan yang mengandung lemak jenuh.
  2. Rutin melakukan olahraga dan aktivitas fisik lainnya.
  3. Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  4. Hindari melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, dsb
  5. Hindari stress yang berlebihan

MEMPERKENALKAN …

MYCOL | OBAT HERBAL KAPSUL KOLESTEROL TINGGI

Jika kadar lemak darah anda sudah terlanjur naik, tidak ada salahnya jika anda mencoba obat herbal kolesterol tinggi. Salah satu obat herbal kolesterol yang terbuat dari herbal alami adalah MycoL. MycoL merupakan obat herbal alami yang berkhasiat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Obat herbal kolesterol ini merupakan obat herbal yang diproduksi oleh Pt. Liza herbal international.

MYCOL - obat herbal untuk menurunkan kolesterol

Bahan herbal yang terdapat pada MycoL antara lain adalah ;

  1. Buah mengkudu (Morinda citrifolia fructus)
  2. Daun salam (Syzigium folium)
  3. Daun sambiloto (Andrographis paniculata herba)
  4. Herbal rahasia lainnya yang terjamin keamanannya

Manfaat MycoL secara keseluruhan antara lain adalah ;

  1. Membantu menurunkan kadar koleseterol (terutama kolesterol jahat)
  2. Melindungi jantung agar tetap sehat
  3. Meningkatkan stamina dan vitalitas
  4. Menyehatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan

Karena terbuat dari 100% bahan herbal, MycoL sangat aman dikonsumsi, tidak menmbulkan efek samping berbahaya, dan juga tidak menimbulkan ketergantungan. MycoL juga sudah mendapatkan izin resmi dari badan POM dengan nomor registrasi POM TR 173 301 701.

DAPATKAN MYCOL DENGAN CARA KLIK DI SINI


Artikel Lainnya