6 Jenis Olahraga yang Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

Olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi – olahraga merupakan kegiatan seribu manfaat. Selain menyegarkan badan jasmani dan rohani olahraga juga efektif mencegah dan mengatasi berbagai macam  penyakit. Salah satunya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Mengapa kolesterol yang tinggi harus segera diatasi? Ada berbagai alasan mengapa kolesterol yang tinggi harus segera diatasi dengan cepat.

Ada beberapa jenis olahraga yang sangat efektif membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi

Alasan Mengapa Kolesterol Tinggi Harus Segera Diturunkan

  • Kolesterol tinggi jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan jantung koroner.
  • Kolesterol tinggi jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan stroke.
  • Kolesterol tinggi jika dibiarkan dapat menyumbat pembuluh darah perifer.
  • Kolesterol tinggi dapat berpotensi menyebabkan angina pectoris (angin duduk).
  • Kolesterol tinggi dapat menyebabkan tekanan darah naik.
  • Bagi pria, kolesterol tinggi dapat menyebabkan impotensi.

Itulah alasannya mengapa kolesterol tinggi harus segera diatasi. Ya, dan salah satu caranya adalah dengan rajin olahraga. Segala jenis olahraga memang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun, da beberapa jenis olahraga yang lebih efektif menurunkan kolesterol tinggi.

Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Yoga

Olahraga untuk menurunkan kolesterol pertama adalah yoga. Yoga merupakan jenis olahraga yang tidak membutuhkan banyak gerakan tapi mampu menguras banyak keringat untuk keluar. Yang dibutuhkan dalam melakukan olahraga yoga adalah keseimbangan dan juga konsentrasi. Biasanya, orang melakukan olahraga ini tunuannya adalah untuk merileksasi pikiran dan juga menghilangkan stres.

Manfaat yoga tentunya tak hanya itu saja. yoga juga sangat efektif membakar lemak, termasuk lemak darah atau kolesterol. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa melakukan yoga setiap hari selama satu jam efektif membakar kolesterol jahat sebanyak 15% – 35%. Selain itu yoga juga dapat mengurangi resiko terjadinya serangan jantung.

2. Aerobik

Jenis  olahraga yang efektif menurunkan kolesterol berikutnya adalah aerobik. Berbeda dengan yoga yang hanya butuh keseimbangan dan konsentrasi saja. Olahraga aerobik membutuhkan banyak gerakan cepat dan berirama untuk mengeluarkan banyak keringat. Olahraga aerobik ini sangat efektif membakar lema termasuk lemak darah atau kolesterol.

Selain itu aerobik juga dapat memperbaiki resistensi inuslin. Karena resistensi insulin biasanya menyebabkan jumlah kolesterol jahat meningkat. Senam aerobik mampu memperbaiki kondisi resistensi insulin dengan cara menyeimbangkan produksi hormon agar kinerja insulin semakin meningkat.

3. Taichi

Jenis olahraga penurun kolesterol berikutnya adalah taichi. Mungkin sebagian dari anda masih asing dengan jenis olahraga tersebut. Ya, taichi adalah jenis olahraga bela diri akan tetapi memiliki gerakan yang halus dan lambat. Melakukan olahraga taichi selama satu jam mampu membakar lebih banyak lema (termasuk kolesterol) dibanding dengan melakukan olahraga selancar.

Kolesterol yang terbakar jika melakukan olahraga taichi setiap hari selama satu jam adalah sebanyak 12% – 15%. Selain membakar lemak dan kolesterol, taichi juga efektif menurunkan tekanan darah. Gerakannya yang lambat membuat olahraga taichi sangat cocok untuk orang orang yang sudah lanjut usia.

4. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang sangat disukai banyak orang, termasuk anak muda. Tetapi banyak juga para lansia yang sangat menyukai olahraga bersepeda. Banyak manfaat yang akan anda dapat dengan bersepeda termasuk meningkatkan kekuatan otot, memperbaiki kardiovaskular, dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. tak hanya itu, bersepeda juga dapat meningkatkan kinerja jantung dan juga paru paru.

5. Jogging

Olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi berikutnya adalah jogging. Dengan rutin melakukan jogging setiap hari maka segala jenis lemak jahat termasuk kolesterol jahat akan terbakar.

6. Berkuda

Berkuda merupakan olahraga yang juga disukai anak anak muda. Kegiatan berkuda juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. hentakan yang terjadi saat berkuda bermanfaat untyk melancarkan sirkulasi darah, menstabilkan emosi dan konsentrasi, dan tentunya juga dapat membakar segala jenis lemak jahat, termasuk kolesterol jahat. Sayangnya, olahraga berkuda ini tidaklah gratis. Anda perlu menyewa kuda terlebih dahulu atau membeli kuda sendiri yang harganya sangat mahal.

Itulah beberapa jenis olahraga yang sangat efektif membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. karena  kolesterol tubuh yang tinggi harus segera diatasi.


MEMPERKENALKAN …

MYCOL | OBAT HERBAL UNTUK MENGATASI KOLESTEROL TINGGI

Alami, Aman, & Praktis

Khasiat MYCOL secara keseluruhan ;

  1. Membantu mengobati dan menyembuhkan kolesterol.
  2. Membakar kolesterol jahat dalam tubuh.
  3. Meningkatkan kesehatan jantung.
  4. Meningkatkan stamina dan vitalitas.
  5. Meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga

7 fakta mengenai kolesterol yang penting untuk diketahui
8 gejala kolesterol tinggi yang tak boleh diabaikan