Cara mencegah hipertensi

Cara mencegah hipertensi – penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Terlebih lagi, jumlah penderitanya yang kian merajalela. Hipertensi sendiri dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Namun, tentu saja ada penyebabnya. Entah itu disebabkan karena faktor makanan, faktor kebiasaan, faktor genetik, maupun faktor usia.

un hipertensi tidak boleh diabaikan. Tekanan darah tinggi jika dibiarkan secara terus menerus tanpa ada usaha untuk mengobati tentu akan sangat berbahaya. Tahukah anda bahwa hipertensi dapat membunuh penderitanya diam diam karena dapat menyebabkan terjadinya komplikasi penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

Maka dari itu, berhati hatilah. Cegahlah hipertensi sejak dini. Jangan menunggu hipertensi datang lalu baruingin mengobatinya. Karena sejatinya, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Cara Mencegah Hipertensi (Darah Tinggi)

cara sederhana mencegah hipertensi yang dapat kita lakukan sejak awal atau mulai hari ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Membatasi asupan garam pada makanan

Cara mencegah hipertensi yang pertama adalah mengurangi dan membatasi takaran garam pada makanan. Memang benar bahwa garam dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi dan penahan cairan. Tapi, jika garam dikonsumsi secara berlebihan maka dampaknya akan berpengaruh pada tekanan darah.

Sifat garam yang mampu menekan air justru membuat volume darah meningkat hingga pembuluh darah membawa banyak air dan pada akhirnya pembuluh darah tersebut membawa beban ekstra sehingga menyebabkan tekanan darah naik.

2. Mengontrol berat badan

Cara mencegah hipertensi sejak dini selanjutnya adalah mengontrol berat badan. semakin tingi berat badan seseorang, maka akan semakin tinggi juga tekanan darah. Maka dari itu, jagalah berat badan anda jika tidak ingin mengalami hipertensi.

3. Rajin olahraga

Dilansir dari merdeka.com bahwa menurut penelitian Amerika Heart Association (AHA), kita disarankan untuk lebih aktif bergerak dan rajin berolahraga setiap hari minimal 30 menit untuk melindungi tubuh dari serangan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. Hindari mengkonsumsi alkohol

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa alkohol memang dapat menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit, Termasuk hipertensi. Tingginya kadar alkohol dalam tubuh juga dapat menyebabkan hipertensi secara permanen.

5. Memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium, kalsium, dan megnesium.

Cara mencegah hipertensi berikutnya adalah rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium, kalsium, dan magnesium. Karena zat zat tersebut sangat aktif mengontrol tekanan darah.

Contoh makanan yang mengandung kalium : alpukat, kurma, sukun,markisa, pisang, srikaya, jambu merah, kiwi, pir, pepaya, kentang, mangga, semangka, rebung, buncis, talas, ubi jalar, labu kuning, lobak, seledri, sawi, kacang merah, kedelai, kacang almon, kacang mete, ikan salmon, ikan sarden, susu, dll.

Contoh makanan yang mengandung kalsium : yoghurt, susu, keju, sumsum tulang sapi, lobak, bayam, brokoli, kangkung, kol, kedelai, wijen, kacang almond, jeruk, pisang, alpukat, buah ara, ikan salmon, ikan sarden, udang, kerang, oatmeal, tahu, tempe, dll.

Makanan yang mengandung magnesium : almond, bayam, kacang mete, oatmeal, kedelai, susu, kacang hitam, roti gandum, alpukat, kentang, kacang merah, pisang, ikan salmon, kismis, dada ayam panggang, daging sapi panggang, brokoli, apel, wortel, dll.

6. Kurangi stres

Stres yang berkepanjangan ternyata juga dapat menyebaban tingginya tekanan darah. Maka dari itu, jagalah diri anda sejak dini agar tidak mengalami stres berkepanjangan. Memikirkan masalah boleh boleh saja. tapi, jangan terlalu dipikirkan hingga membuat anda stres. Karena setiap masalah pasti ada solusinya.

7. Istirahat cukup & hindari kebiasaan begadang

Begadang sekali memang tidak akan mempengaruhi tekanan darah. Namun, jika terlalu sering hingga menjadi kebiasaan maka pada akhirnya akan berpengaruh juga. Tak hanya  hipertensi, begadang juga dapat menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit seperti gangguan jantung. Maka dari itu, jagalah kesehatan anda dengan istiraha yang cukup dan menghindari kebiasaan begadang.

8. Hindari kebiasaan merokok

Cara mencegah hipertensi sejak dini adalah dengan menghindari rokok. Selain menyebabkan terjadinya lonjakan tekanan darah secara langsung, kandungan nikotin pada rokok juga dapat membuat sisitem saraf menjadi terpacu hingga pembuluh darah menyempit.

Itulah informasi mengenai cara mencegah hipertensi sejak dini sebelum hipertensi sudah benar benar menyerang. Karena sejatinya, mencegah lebih baik daripada mengobati.


MEMPERKENALKAN …

CARDO –R | OBAT HERBAL UNTUK MENGATASI HIPERTENSI

CARDO R - OBAT HERBAL UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

Cardo-R merupakan obat herbal kapsul yang diproduksi oleh Pt. Lhiza herbal international. Obat hipertensi yang dikemas dalam bentuk kapsul ini terbuat dari beberapa ekstrak tanaman herbal, dimana tanaman tanaman tersebut sangat efektif mengontrol tekanan darah. Ekstrak tanaman herbal yang terdapat pada Cardo-R antara lain adalah daun pegagan, daun selederi, daun salam, dan tanaman herbal lainnya.

Cardo-R tak hanya efektif mengobati hipertensi dan mengontrol tekanan darah saja, namun juga memilki manfaat lain. Manfaat lain tersebut antara lain adalah mencegah datangnya penyakit akibat hipertensi seperti stroke & serangan jantung dan juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Artikel Lainnya

7 pemanis alami pengganti gula yang aman untuk penderita diabetes

10 mitos mengenai hipertensi yang tak boleh diabaikan

Rempah rempah yang dapat dijadikan sebagai obat pelangsing alami