8 Efek samping operasi batu ginjal

Efek samping operasi batu ginjal – batu ginjal adalah gangguan ginjal dimana terdapat semacam kerikil kecil di dalam ginjal. kerikil tersebut merupakan hasil pengendapan limbah zat zat darah yang mungkin mengandung kalsium dan purin yang berlebihan.

Penyebab batu ginjal bermacam macam. Bisa disebabkan karena faktor makanan seperti kelebihan dalam mengkonumsi makanan berpurin dan berkalsium. Bisa juga disebabkan karena faktor penyakit dan faktor kebiasaan seperti memiliki riwayat penyakit asam urat atau memiliki kebiasaan sering menahan kencing.

Selain penyebabnya, cara mengobati batu ginjal juga bemacam macam. Salah satunya adalah dengan operasi

Operasi batu ginjal dilakukan dengan cara menyayat perut bagian belakang (punggung) lalu dokter akan mengambil batu ginjal secara langsung. operasi batu ginjal memang efektif. Akan tetapi bukan berarti tidak menimbulkan efek samping. Untuk lebih jelasnya simak artikel yang membahas mengenai efek samping operasi batu ginjal ini.

Dampak Buruk Operasi Batu Ginjal

Mengatasi batu ginjal dengan cara operasi memang sangat efektif karena ginjal akan di ambil oleh dokter secara langsung. Akan tetapi, operasi batu ginjal bukanlah tanpa resiko. Ada beberapa efek dan resiko yang akan di alami pasien pasca operasi batu ginjal

1. Nyeri pinggang berkepanjangan

Efek samping operasi batu ginjal pertama adalah nyeri pinggang. Nyeri pinggang akibat operasi batu ginjal disebabkan karena sayatan yang diberikan dokter di perut bagian belakang. Nyeri tersebut bisa diakibatkan karena luka sayatan yang tak kunjung sembuh, atau bisa juga disebabkan karena luka sayatan yang semakin melebar. Biasanya luka sayatan yang semakin melebar dapat menyebabkan rasa nyeri yang berkepanjangan.

2. Adanya bekas luka operasi

Efek samping operasi batu ginjal berikutnya adalah adanya bekas luka di perut bagian samping. Luka tersebut terjadi akibat sayatan yang dilakukan saat operasi. Luka akibat operasi batu ginjal juga mungkin akan lama hilangnya.

 3. Terganggunya saluran kandung kemih

Dampak buruk operasi batu ginjal yang mungkin juga bisa terjadi adalah terjadinya gangguan saluran kandung kemih. Saluran kandung kemih yang mengalami gangguan biasanya ditandai dengan sulitnya buang air kecil.

4. Hematuria

Efek samping operasi batu ginjal berikuntya adalah hematuria. Hematuria atau kencing darah yang terjadi setelah melakukan operasi batu ginjal memang hal yang lumrah. Akan tetapi jika hematuria tak kunjug berhenti dan kencing terus mengeluarkan darah sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

5. Mual dan muntah

Mual dan muntah pasca operasi batu ginjal juga merupakan hal lumrah. Karena mungkin efek samping bius atau anestesi tertentu. Akan tetapi jika rasa mual dan ingin muntah terus terjadi maka sebaiknya konsultasikanlah ke dokter.

6. Ureter mengalami perforasi

Efek samping pasca operasi batu ginjal selanjutnya adalah terjadinya perforasi pada ureter. Perforesi sendiri adalah terbentuknya suatu lubang akibat terjadinya benda benda dari luar yang menembus. Nah, perforasi ini dapat terjadi pada ureter akibat proses operasi batu ginjal. dimana operasi batu ginjal ini melibatkan penyatan dan pengambilan batu ginjal. Penyayatan yang melibatkan alat alat medis mungkin saja dapat menyebabkan perforasi pada ureter.

7. Sembelit

Anestesi pada operasi pengambilan batu ginjal juga dapat mengakibatkan lambatnya proses pencernaan tubuh hinga menyebabkan sembelit. Sembelit yang terjadi akibat operasi batu ginjal memang lumrah terjadi. Akan tetapi jika semeblit tak kunjug reda dan cenderung berkpeanjangan maka konsultasikanlah ke dokter.

 8. Gagal ginjal

Efek samping operasi batu ginjal yang paling berbahaya adalah terjadinya gagal ginjal. prose pengambilan batu ginjal di dalam ginjal harus benar benar dilakukan sesuai ketentuan dan prosedur tertentu. Karena jika tidak maka akan membahayakan ginjal hingga menyebabkan terjadinya kegagalan fungsi ginjal.

Itulah efek samping yang bisa saja terjadi pasca operasi batu ginjal yang cukup berbahaya. Sebenarnya cara mengatasi batu ginjal tak hanya dapat dilakukan dengan operasi saja. ada beberapa cara mengatasi batu ginjal yang juga efektif namun lebih aman. Salah satunya adalah mengkonsumsi obat obatan herbal. Salah satu obat herbal yang dapat mengatasi batu ginjal adalah STONOF.

STONOF | obat herbal untuk mengatasi batu ginjal

Alami, Aman, & Praktis

STONOF | Obat Herbal Batu Ginjal Terbaik & Terbukti Ampuh

Stonof adalah obat herbal batu ginjal yang terbuat dari 100% bahan herbal. bahan herbal yang terdapat pada STONOF antara lain adalah buah mengkudu, daun pegagan, kumis kucing, daun sambiloto, dan herbal rahasia lainnya yang efektif menghancurkan batu ginjal tanpa mengganggu bagian lain ginjal.

Khasiat keseluruhan dari STONOF antara lain adalah ;

  • Menghancurkan batu ginjal tanpa merusak bagian lain ginjal.
  • Meredakan rasa sakit akibat gejala batu ginjal.
  • Mengatasi radang saluran kemih.
  • Mencegah pembentukan dan pengendapan batu ginjal.
  • Membersihkan ginjal dari racun dan toxin.
  • Memperbaiki dan meningkatkan fungsi serta kinerja ginjal.
  • Meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh.

~ DAPATKAN STONOF DENGAN CARA KLIK DI SINI ~


Baca Juga 

10 faktor penyebab batu ginjal yang tak boleh diremehkan
10 tips menjaga kesehatan ginjal