makanan pemicu batu ginjal,minuman pemicu batu ginjal,makanan penyebab batu ginjal,kumpulan pantangan batu ginjal,makanan penyebab sakit ginjal,pantangan penyakit batu ginjal

Kesehatan ginjal harus senantiasa dijaga. Caranya beragam. Mulai dari mengatur pola makan, rajin berolahraga hingga mengatur pola makan. Iya, mengatur pola makan menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan ginjal. Beberapa makanan sangat baik untuk ginjal, beberapa lainnya bisa membahayakan ginjal, termasuk dapat memicu batu ginjal. Kira-kira, apa saja minuman dan makanan pemicu batu ginjal tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

Ginjal berperan dalam menyaring dan mengeluarkan limbah dari tubuh. Setiap hari, dua organ yang berada di kedua sisi tulang belakang ini menyaring lebih dari 200 liter darah dan 2 liter produk limbah, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urin.

[Baca Lebih Santai] 9 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Jika cairan yang disaring terdapat zat-zat pembentuk kristal seperti kalsium, oksalat, dan asam urat, maka bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Konsentrasi zat-zat tersebut terlalu tinggi hingga terbentuklah kristal-kristal mengendap dan saling menempel sehingga muncul batu ginjal.

Pola hidup yang buruk menjadi penyebab paling umum penyakit batu ginjal. Batu ginjal dialami oleh sebagian besar orang yang kurang minum, mengonsumsi alkohol, obesitas, masalah pencernaan, dan diet yang tidak tepat.

9 Minuman & Makanan Pemicu Batu Ginjal

Batu ginjal bisa muncul akibat mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Berikut minuamn dan makanan pemicu batu ginjal di tubuh.

Daging Merah

#1 Makanan Pemicu Batu Ginjal: Daging Merah – Daging merah tinggi protein. Protein hewani dapat mendorong pembentukan batu ginjal dan juga kerusakan ginjal. Konsumsi makanan tinggi protein dapat menempatkan tekanan pada ginjal karena limbah protein sulit untuk dibuang. Perlu diketahui bahwa daging juga tinggi asam urat, penyebab umum dari batu ginjal.

Minuman berkarbonasi

#2 Minuman Pemicu Batu Ginjal: Minuman Berkarbonasi – Mengonsumsi rutin minuman berkarbonasi seperti soda dan minuman energi lainnya dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Sebuah studi baru-baru ini menyimpulkan minuman berkarbonasi mengandung asam fosfat yang menyebabkan batu ginjal dan meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

Karbohidrat murni

#3 Makanan Pemicu Batu Ginjal: Karbohidrat – Karbohidrat dimurnikan seperti nasi putih, gula, dan tepung halus menghasilkan insulin tingkat tinggi yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Hal ini dapat memicu pembentukan batu ginjal.

Kafein

#4 Minuman Pemicu Batu Ginjal: Kafein – Terlalu banyak asupan kafein meningkatkan sekresi kalsium dalam urin dan memicu batu ginjal. Karena sifat dieuretiknya, kafein juga memicu dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab utama batu ginjal. Kafein bisa ditemukan dalam kopi, teh, dan soda.

Pemanis buatan

#5 Minuman Pemicu Batu Ginjal: Pemanis Buatan – Pemanis buatan dapat mengganggu fungsi ginjal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemanis non-kalori dapat merusak fungsi ginjal, jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Jadi, yang terbaik adalah memilih pemanis alami seperti madu.

Alkohol

#6 Minuman Pemicu Batu Ginjal: Alkohol – Konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak ginjal dan hati. Alkohol dapat mengganggu fungsi normal ginjal dan meningkatkan risiko batu ginjal.

Garam meja

#7 Makanan Pemicu Batu Ginjal: Garam Meja – Bukan hanya tinggi natrium atau sodium, garam juga memicu hipertensi, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Kurangi asupan garam adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah batu ginjal.

Sarden

#8 Makanan Pemicu Batu Ginjal: Sarden – Jika Anda rentan terhadap batu ginjal, Anda harus membatasi asupan tinggi purin (senyawa organik yang dapat meningkatkan aroma). Dan karena sarden tinggi purin, sebaiknya batasi konsumsinya. 

Produk susu

#9 Makanan Pemicu Batu Ginjal: Produk Susu – Produk susu tinggi kalsium baik untuk membangun tulang yang kuat. Namun, bagi mereka yang rentan terhadap batu ginjal, kalsium bukanlah teman. Bahkan, kalsium dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin, sehingga limbahnya lebih sulit untuk dibuang sehingga mendorong terbentuknya batu ginjal.

Inilah daftar minuman dan makanan pemicu batu ginjal di tubuh. Sebaiknya batasi konsumsi makanan di atas agar ginjal Anda tetap sehat. Semoga bermanfaat.


Yuk, Obati Batu Ginjal dengan STONOF!

STONOF - Obat herbal kapsul batu ginjal bpom


STONOF terbuat dari bahan herbal alami seperti tanaman kumis kucing, sambiloto, pegagan, dan mengkudu. Cara kerja obat herbal ini ialah dengan melarutkan komponen-komponen pembentuk batu ginjal semacam kalsium dan asam urat, lalu dibuang tubuh bersama urin.

Dua dari sekian zat yang terkandung dalam STONOF ialah kalium dan sinensetin. Kalium berkhasiat diuretik dan pelarut batu saluran kencing, sedangkan sinensetin berkhasiat sebagai antibakteri.

STONOF diproses secara tepat dan higienis, sehingga khasiat dari tiap herbalnya tidak terbuang sia-sia. STONOF aman dikonsumsi karena telah mendapatkan nomor registrasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

STONOF Telah Terdaftar BPOM

POM TR 173303491


STONOF - Obat herbal kapsul batu ginjal bpom original

Ginjal Sehat, Hidup Makin Semangat!

Dapatkan STONOF Herbal Kesehatan Ginjal disini


Artikel Lainnya: