Asam Urat – Penyebab, Gejala, Diagnosa, Komplikasi, serta Pengobatannya

Pernahkah anda merasakan gejala linu dan ngilu yang tak tertahankan pada salah satu atau beberaa bagian tubuh anda? Jika benar, bisa jadi anda sedang terkena asam urat.

penyebab asam urat

Asam urat sendiri merupakan salah satu penyakit kronis dimana jumlah kadar purin dalam tubuh menumpuk dan berlebihan. purin yang menumpuk tersebut kemudian akan membentuk kristal kristal urat tajam (kristal asam urat). Kristal tajam tersebutlah yang menusuk otot dan persendian sehingga terasa sangat sakit dan linu.

Biasanya, bagian tubuh yang terasa linu pada pernderita asam urat adalah pergelangan kaki, jari jari kaki, siku, lutut, pergelangan tangan, dan jari jari tangan.

Perlu diingat bahwa asam urat dan rematik  adalah 2 penyakit yang berbeda! Ya, banyak sekali yang beranggapan bahwa keduanya sama karena memang gejalanya yang sangat mirip. Namun, faktanya bukan begitu. Jika rasa nyeri pada asam urat disebabkan karena tusukan kritstal urat yang berasal dari purin, maka lain halnya dengan rematik. Rasa linu pada rematik disebabkan karena  peradangan atau pembangkakan pada persendian, tulang atau otot

Penyebab asam urat

Tubuh seseorang yang mengalami asam urat, sudah pasti jumlah purin di dalamnya sedang menumpuk. Menumpuknya purin yang kemudian menjadi asam urat yang menyakitkan,  dapat disebabkan karena beberapa hal. Bisa karena makanan, faktor genetik, maupun faktor umur.

Makanan penyebab asam urat

Beberapa makanan yang dapat mengakibatkan zat purin meningkat dan menumpuk antara lain adalah ;

makanan penyebab asam urat

  1. Jeroan (hati, ginjal, limfa, usus,dll)
  2. Abon
  3. Dendeng
  4. Jenis kacang kacangan
  5. Seafood (udang, cumi, kerang, tiram, kepiting, dll)
  6. Sayuran tertentu (kembang kol, buncis, kacang panjang, bayam, dan asparagus)
  7. Kopi
  8. Sayuran tertentu (nanas, kelapa, duan durian)
  9. Alkohol
  10. Ikan asin
  11. Daging merah
  12. Daging Ayam kalkun dan angsa
  13. Kulit ayam
  14. Lidah sapi
  15. Makanan bersantan
  16. Makanan kaleng

Selain disebabkan oleh beberapa makanan di atas, meningkatnya zat purin dalam tubuh juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Karena asam urat memang penyakit genetik.

Untuk faktor umur, biasanya orang yang mudah terkena asam urat adalah orang yang usianya di atas 30 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan jika orang yang usianya di bawah 30 tahun juga bisa terkena asam urat. Selain makanan, umur, dan faktor genetik, mengkonsumsi obat obatan tertentu juga dapat menimbulkan efek samping meningkatnya kadar purin.

Jenis orang yang mudah terkena asam urat

1. Penggemar seafood

Sudah jelas, karena segala jenis jeroan dapat meningkatkan jumlah purin (zat asam urat)

2. Berjenis kelamin pria

Fakta yang memang cukup mengejutkan bahwa pria lebih beresiko besar terkena asam urat dibanding wanita. hal tersebut dikarenakan wanita memproduksi hormon eseterogen lebih banyak dbanding pria. Dimana hormon esterogen tersebut mampu menangkal pembentukan zat asam urat.

3. Orang gemuk

Orang yang gemuk memang lebih beresiko besar terkena penyakit dibanding dengan orang langsing. Termasuk beresiko besar mengalami asam urat. Hal tersebut dikarenakan lemak dalam tubuh dapat mempercepat penguraian purin menjadi asam urat.

4. Orang yang sering mengkonsumsi obat obatan tertentu

Beberapa jenis obat seperti obat parkinson yang mengandung zat levodopa, obat hipertensi yang berjenis diuretik, dan jenis obat obatan lainnya dapat menimbulkan efek samping meningkatnya zat purin.

5. Orang yang keluarganya menderita asam urat

Karena asam urat merupakan penyakit genetik, maka tak heran jika orang yang keluarganya memilki riwayat asam urat dapat beresiko juga terkena asam urat.

Ciri ciri atau gejala asam urat

beberapa gejala yang sering dikeluhkan penderita asam urat antara lain adalah ;

  1. Rasa nyeri yang tak tertahankan pada bagian jari kaki, pergelangan kaki, tumit, lutut, siku, pergelangan tangan, jari tangan, atau bagian tubuh lainnya.
  2. Pembengkakan pada bagian jari kaki, pergelangan kaki, tumit, lutut, siku, pergelangan tangan, jari tangan, atau bagian tubuh lainnya.
  3. Sendi terasa kaku
  4. Kesulitan untuk bergerak

Diagnosa asam urat

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dokter untuk mengecek dan memastikan bahwa pasiennya benar benar terkena asam urat. Cara cara tersebut antara lain adalah ;

  1. Mengecek kadar atau jumlah asam urat dalam tubuh pasien.
  2. Bertanya kepada pasien terkait seberapa sering pasien mengalami rasa linu.
  3. Bertanya kepada pasien terkait bagian tubuh mana yang sering dikeluhkan pasien.
  4. Bertanya kepada pasien apakah anggota keluarganya ada yang memilki riwayat penyakit asam urat atau tidak.
  5. Bertanya kepada pasien terkait sering atau tidaknya mengkonsumsi obat obatan tertentu.

Komplikasi asam urat

1. Tofi

Tofi merupakan benjolan yang terbentuk akibat endapan kristal kristal asam urat. Biasanya tofi akan terjadi  pada orang yang sudah lama menderita asam urat atau penderita asam urat kronis.

2. Deformitas persendian (kerusakan persendian permanen)

Asam urat yang terus menerus dibiarkan dan tidak diobati akan menyebabkan peradangan sendi yang mengakibatkan kerusakan sendi permanen.

3. Batu ginjal

Asam urat yang menumpuk dan mengendap jika tercampur dengan kalsium maka akan menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Pengobatan asam urat

untuk pengobatan, ada beberapa cara medis yang dapat dilakukan untuk mengobati asam urat. Cara tersebut antara lain adalah;

1. memberikan obat untuk mengurangi kadar asam urat seperti allopurino. Tersedia banyak di apotek.

2. Memberikan obat untuk meredakan rasa nyeri seperti colchicine, abat anti inflamasi nonsteroid, dll. Tersedia juga di apotek.

Mengobati asam urat dengan cara alami

Selain pemberian obat obatan yang saya sebutkan diatas, asam urat juga dapat dioabati dengan cara alami. yaitu dengan obat obatan herbal. Salah satu obat herbal yang dapat mengobati asam urat adalah G-OFF.  G-OFF merupakan obat herbal asam urat yang diproduksi oleh Pt. Liza herbal internationa yang sangat ahli dalam memproduksi dan meracik obat obatan herbal.

cara alami mengobati diabetes dengan G-OFF

Bahan herbal yang terkandung pada G-OFF  antara lain adalah ;

  1. Seledri (Apium graveolens)
  2. Sidaguri (Sida rhombifolia)
  3. Daun salam (Syzygium polyanthum)
  4. Kumis kucing (Orthosipon spicatus)

Manfaat keseluruhan dari obat herbal asam urat G-OFF antara lain adalah ;

  1. Mengobati asam urat
  2. Meredakan rasa nyeri dan linu sendi penderita asam urat
  3. Meredakan pegal linu
  4. Menurunkan kadar purin dan kadar asam urat
  5. Membantu meringankan keluhan rematik juga.

Karena terbuat dari 100% bahan herbal, maka G-OFF sangat aman dikonsumsi, tidak menimbulkan efek samping berbahaya, dan juga tidak menimbulkan ketergantungan. G-OFF juga sudah mendapatkan izin dari badan POM dengan nomor  registrasi TR  173303181.

DAPATKAN G-OFF DENGAN CARA KLIK DI SINI


Artikel Lainnya 

makanan dan minuman yang harus dihindari penderita asam urat
benarkah penderita hipertensi sangat mudah marah? begini penjelasannya
jenis orang yang mudah terkena diabetes