cara menjaga kesehatan sendi,tips menjaga kesehatan sendi,menjaga kesehatan sendi,cara menjaga kesehatan persendian,tips menjaga kesehatan persendian,cara menjaga kesehatan tulang,cara menjaga kesehatan lutut,cara merawat kesehatan sendi,cara merawat sendi,cara merawat persendian,tips merawat kesehatan sendi,tips merawat sendi,tips merawat persendian

Cara Menjaga Kesehatan Sendi – Kesehatan sendi sangat penting untuk dijaga. Betapa tidak? Bayangkan jika Anda memiliki masalah pada sendi, tentu aktivitas Anda sangat terbatas bukan? Momen bersama teman dan keluarga akan berlalu begitu saja karena kekakuan dan rasa nyeri yang Anda rasakan.

Sendi Terbuat dari Apa?

Sendi adalah penghubung antar tulang sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan antar tulang disebut dengan persendian (artikulasi). Bagian tubuh yang satu ini terletak di beberapa tempat. Di antaranya jari tangan, siku, pergelangan tangan, bahu, tulang belakang, rahang, panggul, pangkal paha, lutut, kaki, dan antara tulang dada dengan tulang selangka. Persendian umumnya terbuat dari jaringan ikat fibrosa dan tulang rawan beserta sinovial sebagai bantalan di antara kedua ujung tulang.

Apa Fungsi Sendi?

Persendian memiliki fungsi penting, yaitu menghubungkan tulang agar bagian tubuh dapat bergerak secara fleksibel. Selain sebagai poros gerak, sendi juga berfungsi untuk menyokong berat tubuh dan memberikan kestabilan.

Cara Menjaga Kesehatan Sendi

Seiring bertambahnya usia dan gaya hidup, fungsi persendian semakin menurun. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sendi.

1. Menjaga berat badan ideal

Cara menjaga kesehatan sendi bisa dilakukan dengan mengontrol berat badan agar ideal. Kelebihan berat badan atau obesitas akan memberikan tekanan ekstra pada persendian. Akibatnya, persendian menjadi lemah dan rusak, terutama di persendian yang menahan berat badan seperti  lutut, pinggul, dan punggung. Menurunkan berat badan dapat mengurangi tekanan di berbagai persendian tersebut dan membantu mencegah cedera sendi.

[Tak Boleh Dilewatkan] 12 Cara Membentuk Tubuh Ideal. Wow, Bikin Takjub!

2. Berolahraga

cara menjaga kesehatan sendi,tips menjaga kesehatan sendi,menjaga kesehatan sendi,cara menjaga kesehatan persendian,tips menjaga kesehatan persendian,cara menjaga kesehatan tulang,cara menjaga kesehatan lutut,cara merawat kesehatan sendi,cara merawat sendi,cara merawat persendian,tips merawat kesehatan sendi,tips merawat sendi

Cara menjaga kesehatan sendi berikutnya yaitu dengan berolahraga. Kurang gerak membuat sendi menjadi kaku. Rutin olahraga membantu menjaga otot-otot di sekitar sendi tetap kuat dan berfungsi dengan baik.

Bahkan, olahraga mampu menjaga fungsi sendi dan mengurangi kecacatan pada penderita radang sendi. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda berolahraga. Gunakanlah alat pelindung agar sendi terhindar dari luka atau cedera. Kemudian, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan peregangan sebelum olahraga. Yang terakhir, jangan berlebihan dalam olahraga, karena terlalu sering atau keras berolahraga justru dapat merusak persendian.

3. Hindari duduk dan berdiri terlalu lama

Tidak duduk atau berdiri terlalu lama menjadi cara menjaga kesehatan sendi selanjutnya. Duduk atau berdiri di atas kaki sepanjang hari sangat berbahaya bagi sendi. Mengapa? Karena dapat membuat sendi Anda “terkunci” dalam posisinya. Duduk terlalu lama akan memberi tekanan pada tulang belakang dan pinggul, sementara berdiri akan memengaruhi sendi di pinggul, lutut, serta pergelangan tangan dan kaki. Jika terlalu lama duduk atau berdiri, maka dapat mengurangi pelumasan dan bantalan normal pada sendi sehingga sendi mudah robek.

[Baca Juga] Tips Hindari Capek dan Pegal Linu Saat Pekerjaan Padat

4. Mengangkat benda berat dengan benar

Cara menjaga kesehatan sendi berikutnya berkaitan dengan posisi tubuh saat mengangkat benda berat. Benda berat memberi beban ekstra pada sendi. Akibatnya, sendi menjadi lebih rentan terhadap cedera dan kerusakan.

Jika Anda harus mengangkat benda berat, tekuklah pinggul dan lutut hingga dalam posisi jongkok. Lalu luruskan kaki untuk mengangkat benda tersebut. Disarankan untuk tidak  mengangkat benda berat dengan membungkuk atau mengangkatnya setinggi bahu.

5. Mengkonsumsi makanan  yang baik untuk persendian

Beberapa makanan yang baik untuk kesehatan sendi antara lain:

  • Buah-buahan dan sayuran yang berwarna seperti ceri, blueberry, blackberry, delima, paprika, jeruk, tomat, dan nanas.
  • Makanan kaya kalsium dan vitamin D seperti salmon dan sardin.
  • Makanan yang dapat mencegah atau mengurangi inflamasi (radang) seperti oatmeal, kunyit, dan kacang walnut.
  • Makanan kaya anti-oksidan seperti brokoli.

6. Suplemen sendi

Cara menjaga kesehatan sendi berikutnya yaitu dengan mengonsumsi suplemen sendi. Cara ini menjadi yang paling banyak dipilih oleh sebagian orang. Selain karena praktis, cara ini juga dinilai terbukti ampuh dapat menjaga kesehatan sendi.

Salah satu suplemen sendi yang efektif untuk menjaga kesehatan sendi yakni G-OFF. G-OFF bukanlah sembarang suplemen, namun suplemen herbal yang terbuat dari 100% bahan alami berkhasiat. G-OFF diproses secara higienis dan modern sehingga aman dikonsumsi jangka panjang dan tidak membuat ketergantungan.

G-OFF OBAT HERBAL PEGAL LINU DAN ASAM URAT DAN NYERI SENDI BPOM

G-OFF memiliki beragam keunggulan, apa saja?

  • Alami karena terbuat dari 100% bahan herbal alami dan tanpa campuran bahan kimia berbahaya.
  • Kemasan yang praktis membuatnya mudah dibawa ke mana saja.
  • Mudah dikonsumsi karena diproduksi dalam bentuk kapsul siap minum.
  • Aman karena diproses secara higienis, modern, dan terstandar.
  • Telah terdaftar BPOM dengan nomor POM TR 173303181.

Dapatkan produk G-OFF dan penawaran menariknya disini


Baca Juga:

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Pegal Linu

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

8 Buah Penurun Kolesterol Tinggi, Mudah Didapat!