cara menurunkan kolesterol dengan mengkudu,cara turunkan kolesterol dengan mengkudu,cara menurunkan kolesterol tinggi dengan mengkudu,cara turunkan kolesterol tinggi dengan mengkudu,cara mengobati kolesterol dengan mengkudu,cara mengobati kolesterol tinggi dengan mengkudu,cara menurunkan kolesterol,cara mengobati kolesterol,tips obati kolesterol dengan mengkudu

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Mengkudu – Kolesterol tinggi merupakan gangguan kesehatan yang membuat setiap orang akan pergi ke dokter untuk mengobatinya. Gejala kolesterol tinggi yang membawa setiap orang pergi ke dokter kadang kala berbeda-beda. Ada yang mengeluhkan nyeri dada, susah bernapas, mudah lelah, dan yang lainnya. Namun yang sama, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata kadar kolesterol jahatnya sangat tinggi.

Selain memberikan obat sebagai upaya penyembuhan, dokter biasanya juga mewanti-wanti pasien untuk tidak mengonsumsi makanan pantangan kolesterol. Misalnya daging kambing, jeroan, makanan bersantan, dan sebagainya. Sebaliknya, dokter akan menyarankan konsumsi makanan sehat untuk menurunkan kolesterol. Di antaranya tahu, brokoli, ubi, terung, alpukat, ikan salmon, hingga mengkudu.

Mengkudu? Yang rasanya “aneh” bagi sebagian orang itu? Benar! Mengonsumsi mengkudu secara rutin ternyata dapat menurunkan kolesterol jahat secara alami. Berikut ini penjelasannya.

Tentang Mengkudu

Mengkudu atau yang dalam bahasa ilmiah disebut dengan Morinda Citrifolia berasal dari daerah Asia Tenggara, dan tergolong dalam famili Rubiaceae. Penyebutan mengkudu di Indonesia sangat beragam. Di Aceh, buah yang baunya menyengat ini biasa disebut keumeudee. Di Jawa, biasa disebut pace, kemudu, atau kudu. Orang Sunda menyebutnya cangkudu, orang Madura menyebutnya kodhuk, sedangkan orang Bali menyebutnya tibah. Buah mengkudu ini juga dikenal dengan nama noni.

Tanaman mengkudu ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3 hingga 8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Apa Saja Kandungan Mengkudu?

cara menurunkan kolesterol dengan mengkudu,cara turunkan kolesterol dengan mengkudu,cara menurunkan kolesterol tinggi dengan mengkudu,cara turunkan kolesterol tinggi dengan mengkudu,cara mengobati kolesterol dengan mengkudu,cara mengobati kolesterol tinggi dengan mengkudu,cara menurunkan kolesterol,cara mengobati kolesterol

Rasa dan baunya memang sangat menyengat, namun ternyata mengandung beragam zat bermanfaat. Adapun senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu antara lain:

  • Zat nutrisi: secara keseluruhan, mengkudu merupakan buah yang bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dan lain-lain.
  • Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh.
  • Zat anti bakteri. Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi.
  • Scolopetin. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi. Zat scolopetin ini juga berperan aktif dalam memperlebar saluran pembuluh darah.
  • Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
  • Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapat dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tetapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein, serta untuk mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Zat yang paling berperan untuk mengatasi kolesterol adalah zat proxeronine dan scopoletin yang bersifat anti kanker dan menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Mengkudu

Beragam manfaat akan kita dapatkan apabila rutin mengonsumsi mengkudu. Selain untuk menurunkan kadar kolesterol, buah mengkudu juga bisa digunakan sebagai obat penyakit kuning, peradangan hati, radang ginjal dan radang limpa, membantu membuang cairan empedu, serta menyembuhkan radang saluran kencing.

Untuk mendapatkan manfaatnya sebagai obat penurun kolesterol alami, buah mengkudu bisa dijadikan jus agar lebih mudah dalam mengonsumsinya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jus mengkudu sebagai obat penurun kolesterol alami antara lain:

  • 2 buah mengkudu
  • Madu organik secukupnya
  • 1 sendok makan sirup vanili
  • Air matang secukupnya
  • Es serut secukupnya (opsional)

Cara Membuat: Cuci bersih buah mengkudu, kemudian pisahkan daging dan bijinya, lalu potong kecil-kecil. Selanjutnya blender mengkudu bersama bahan lainnya. Jus mengkudu bisa diminum rutin setiap hari untuk menjaga kadar kolesterol.

Itulah cara menurunkan kolesterol dengan mengkudu. Anda bisa mencobanya di rumah. Lakukan cara di atas secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun, jika Anda tidak mau repot membuat jus sendiri, jangan khawatir. Saat ini telah tersedia obat herbal kolesterol yang mengandung mengkudu kualitas terbaik. Kami rekomendasikan pada Anda… MYCOL, obat herbal kolesterol tinggi!

MYCOL – OBAT HERBAL MENGATASI KOLESTEROL TINGGI BPOM

MYCOL ini bukan sembarang obat, melainkan sebuah produk herbal dari Liza Herbal International. Komposisinya antara lain Syzgium Polyanthum Folium (Tumbuhan Salam), Andrographis Paniculata Herba (Sambiloto), dan tentunya Morinda Citrifolia Fructus (Mengkudu).

Dilihat dari bahan-bahannya, jelas ini bukan sembarang obat. Obat herbal MYCOL ini ampuh untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit kolesterol. Karena terbuat dari bahan-bahan herbal, MYCOL menjadi obat herbal kolesterol yang alami, aman, dan tidak membuat ketergantungan.

MYCOL memiliki beragam keunggulan, apa saja?

  • Alami karena terbuat dari 100% bahan herbal alami dan tanpa campuran bahan kimia berbahaya.
  • Kemasan yang praktis membuatnya mudah dibawa ke mana saja.
  • Mudah dikonsumsi karena diproduksi dalam bentuk kapsul siap minum.
  • Aman karena diproses secara higienis, modern, dan terstandar.
  • Telah terdaftar BPOM dengan nomor POM TR 173301701.

Selengkapnya tentang MYCOL Herbal Kolesterol, klik disini


Baca Juga:

8 Buah Penurun Kolesterol Tinggi, Mudah Didapat!

Waspada! Inilah 5 Komplikasi Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Jenis-Jenis Kolesterol Serta Batas Normalnya dalam Tubuh