Kanker Payudara; Penyebab, Gejala, Diagnosa, dan Pengobatan

Penyebab kanker payudara – salah satu penyakit yang perlu kita waspadai, terutama untuk para wanita adalah kanker payudara. Kanker payudara payudara menjadi penyakita mematikan yang bersaing dengan HIV untuk memperebutkan posisi  teratas sebagai penyakit yang menyebabkan tingginya angka kematian di dunia.

Biasanya, wanita lebih beresiko besar terkena kanker payudara dibandingkan dengan pria. entah apa itu sebabnya. Tentunya masih menjadi teka teki. Ada yang mengatakan bahwa wanita lebih mudah terkena kanker payudara karena ukuran payudaranya lebih besar dibanding pria. namun, hal itu tetap belum terbukti kebenarannya karena belum ada ahli yang melakukan penelitian mengenai hal tersebut.

Banyak juga yang berpendapat bahwa penyebab kanker payudara yang paling utama adalah karena faktor kebiasaan. Namun,ada sebagian orang yang membantah pendapat tersebut. Mereka membantah pendapat tersebut karena menurut mereka itu hanyalah mitos. Kenapa mitos? Buktinya wanita yang tidak pernah melakukan kebiasaan buruk banyak yang menderita kanker payudara. Sedangkan mereka yang suka merokok, minum alkohol, dan melakukan kebiasaan buruk lainnya malah justru sehat sehat saja. walaupun begitu, kita tetap harus berhati hati dengan kanker payudara. Kita juga perlu mengetahui penyebabnya. Entah penyebab tersebut fakta atau mitos. Berikut penyebab kanker payudara yang paling umum terjadi.

5. Penyebab kanker payudara yang perlu diwaspadai       

1. Faktor genetik

Kanker merupakan salah satu penyakit menurun. Termasuk kanker payudara. Denmark merupakan negara dengan jumlah penderita kanker payudara terbanyak di dunia. Sebuah survei dilakukan di denmark mengenai penyebab kanker payudara. Dan faktanya, 70% dari para penderita kanker payudara disebabkan karena ibu atau saudara kandungnya juga menderita penyakit mematikan tersebut. Oleh karena itu berhati hatilah jika ada salah satu anggota keluarga kandungmu yang menderita kanker payudara.

2. Obesitas ( kegemukan )

Orang yang memilki tubuh gemuk memilki resiko lebih besar menderita kanker payudara dibandingkan dengan orang yang kurus atau langsing. Hal tersebut disebabkan karena lemak yang berlebihan dalam tubuh dapat membuat kadar dan jumlah insulin dan hormon estrogen menjadi berlebihan. insulin yang berlebihan dapat menimbulkan bertumbuhnya sel kanker.

Maka dari itu, jagalah bentuk tubuhmu agar tetap langsing. Buat kamu yang mempunyai tubuh gemuk, berusahalah untuk membuat badanmu menjadi langsing. Karena yang langsing biasanya lebih sehat dan jauh dari resiko penyakit kanker.

3. Kebiasaan buruk

Penyebab kanker payudara yang satu ini sudah kita bahas di awal tadi. Kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi minuman alkohol, makan tidak teratur, dll ( untuk lebih jelasnya silahkan di 5 kebiasaan buruk penyebab kanker payudara) juga dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Akan tetapi, entah hal tersebut benar atau salah. Karena faktanya kebanyakan dari para penderita kanker payudara tidak pernah melakukan kebiasaan buruk tersebut. Sedangkan mereka yang sering merokok, minum alkohol malah justru baik baik saja.

4. Tidak mau menyusui setelah melahirkan

Orang yang baru saja melahirkan juga beresiko menderita kanker payudara. Akan tetapi, resiko tersebut akan hilang jika wanita tersebut memberikan ASI kepada anaknya. Sebuah penelitian dilakukan oleh journal of the national cancer instititute mengenai kanker payudara. Mereka mengatakan bahwa wanita menyusui 30% lebih rendah resikonya menderita kanker payudara dibanding dengan wanita yang tidak menyusui.

5. Suntik silikon

Payudara besar, padat, dan kencang. Tentu banyak yang menginginkannya. Salah satu hal buruk yang sering dilakukan banyak wanita untuk memperindah payudaranya adalah dengan melakukan suntik silkon. Silikon memang dapat membuat payudara lebih besar dan kencang.akan tetapi, tahukah kamu dampak negatif dari suntuk silikon. Suntik silikon mempunyai banyak sekali efek buruk. Termasuk dapat menjadi penyebab kanker payudara. Zat silikon yang akan masuk dan bersatu dengan sel sel di payudara akan menyebabkan tumbuhnya sel kanker. Maka dari itu, usahakan untuk menghindari yang namanya suntik silikon.

Penyebab kanker payudara di atas perlu kamu waspadai. Karena siapapun dapat beresiko terkena penyakit mematikan tersebut. Untuk gejala, kita juga perlu waspada juga. Lalu apa saja gejala kanker payudara? Simak yuk, beberapa gejala atau tanda tanda yang di alami para penderita kanker payudara.

Beberapa tanda tanda atau gejala kanker payudara

Stadium awal

  • Bentuk puting tidak seperti biasanya atau mengalami perubahan
  • Rasa sakit dan nyeri yang tak kunjung hilang pada payudara
  • Salah satu puting tiba tiba memerah
  • Benjolan pada payudara di satu titik
  • Benjolan di bawah lengan atau sekitar selangkangan
  • Payudara terasa gatal gatal atau iritasi

 

Stadium lanjut

Pada payudara:

  • Payudara berebda ukuran ( salah satu membesar )
  • Puting masuk dan menjorok ke dalam
  • Benjolan pada payudara tadi yang semakin membesar
  • Terdapat kerutan disekitar payudara
  • Keluarnya cairan dari puting secara tiba tiba
  • Payudara semakin membengkak dan nampak kemerahan
  • Payudara bersisik (sakit) dan ruam

Pada tubuh lainnya:      

  • Sering mersa mual
  • Nafsu makan menghilang
  • Berat badan menurun secara drastis
  • Sesak nafas
  • Batuk
  • Penglihatan kabur
  • Otot melemah
  • Nyeri pada tulang dan sendi
  • Kepala terasa sakit dan tak kunjung reda

Itulah tanda tanda atau gejala kanker payudara stadium awal maupun lanjut. Berhati hatilah dengan gejala gejala tersebut. Jika kamu mengalaminya, segeri periksa ke dokter. Maka dapat terjadi kemungkinan jika dokter mendiagnosa bahwa kamu menderita kanker payudara. Cara dokter mendiagnosa kanker payudara ada 2. Berikut 2 diagnosa kanker payudara yang perlu kamu ketahui juga.

Diagnosa kanker payudara

1. Mamografi

diagnosa kanker payudara - mammografi

Mamogarfi merupakan cara mendiagnosa kanker payudara yang paling sering digunakan untuk menemukan sel sel kanker.mamografi merupakan gambar x ray yang di ambil dari payudara untuk menemukan apakah terfdapat suatu sel atau benjolan yang tidak normal pada payudara.

2. USG

diagnosa kanker payudara - USG

Selain digunakan untuk memeriksa dan mendeteksi keadaan janin pada ibu hamil, ultrasound (USG) juga dapat digunakan untyk mendeteksi adanya sel kanker pada payudra.

3. Suntik biopsi

diagnosa kanker payudara - suntik biopsi

Suntik biopsi dilakukan untuk mengecek atau mengetest gejala kanker payudara yang seseorang alami. Dan mengetahui apakah terdapat suatu sel yang tidak normal atau tidak.

Alternatif & cara mengobati kanker payudara

1. Operasi

Operasi atau pembedahan memang salah satu jalan yang sering dilakukan untuk mengambil sel kanker pada payudara. Akan tetapi tidak setiap operasi dapat berjalan dengan mulus seperti yang diharapkan. Terkadang ada yang justru meninggal karena gagal operasi. Terkadang juga ada yang sembuh setelah operasi namun beberapa bulan kemudian sel kanker tumbuh lagi. Jika ingin mengambil sel kanker pada payudara dengan operasi, sebaiknya berdo’alah kepada tuhan yang maha esa agar operasinya dapat berjalan lancar.

2. Kemoterapi

Kemoterapi juga merupakan pengobatan yang sering digunakan para penderita kanker. Pada pengobatan ini, radiasi kemoterapi perlahan akan melenyapkan sel kanker pada payudara. Namun,kemoterapi juga mempunyai dampak buruk. Radiasi kemoterapi tidak hanya melenyapkan sel kanker saja. namun, radiasi tersebut juga akan melenyapkan seluruh sel pada tubuh. Misalnya sel telur/sperma, sel pada rambut ( sehingga rambut rontok ), dan sel sel lain yang penting bagi tubuh.

3. pengobatan herbal

selain operasi dan kemoterapi, ada cara lain yang tak kalah efektif dalam mengobati kanker payudara. yaitu dengan menggunakan bahan bahan herbal. Herbal tersebut bisa di dapat dari alam bisa juga herbal yang sudah dikemas dalam bentuk obat.

Itulah 3 cara mengobati kanker payudara yang sering dilakukan. Jika anda tidak/belum menderita kanker payudara, maka tidak ada salahnya jika anda mencegahnya.karena mencegah lebih baik daripada mengobati.


NATURACAN | OBAT HERBAL KAPSUL MENGATASI KANKER 

Alami, Aman, Praktis, & Tidak ribet

NATURACAN - OBAT HERBAL UNTUK MENGOBATI KANKER 

Komposisi NATURACAN :

Estrak mahkota dewa.
Ekstrak Kunyit putih.
Ekstrak daun sambiloto.
dan herbal rahasia lainnya.

Baca juga9 ciri ciri kanker payudara yang tak boleh diabaikan