Jenis Jenis Kolesterol Serta Batas Normalnya dalam Tubuh

Jenis jenis kolesterol – kolesterol atau lemak darah merupakan senyawa lemak yang berada di dinding pembuluh darah. Kolesterol memiliki warna putih kekuning kuningan dengan tekstur seperti lilin. Kolesterol sangat dibutuhkan tubuh karena memiliki beberapa manfaat dan fungsi penting bagi tubuh. berikut fungsi dan manfaat kolesterol.

  • Membantu proses produksi hormon.
  • Membantu proses penyerapan lemak.
  • Memebantu peroses pembentukan vitamin D.
  • Membantu proses penyerapan kalsium.
  • Menjaga keseimbangan garam.
  • Memperlancar metabolisme tubuh.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Membantu membentuk sel otak.
  • Membantu proses pencernaan dalam usus.
  • Membersihkan pembuluh arteri dari racun.
  • Membantu proses biokimia dalam tubuh.
  • Melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.
  • Mencegah aterosklerosis.
Walaupun memiliki manfaat penting diatas tetapi jika jumlah kolesterol melebihi batas normal juga akan berbahaya

Sebanarnya untuk mendapatkan manfaat kolesterol diatas anda tidak perlu mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi. Karena kolesterol sudah diproduksi oleh organ hati. Kolesterol sendiri terdiri dari 3 jenis. Berikut 3 jenis kolesterol serta batas normal yang dibutuhkan tubuh.

Jenis Jenis Kolesterol

1. Kolesterol jahat (LDL)

Jenis kolesterol yang pertama adalah kolesterol jahat atau LDL (Low density lipoprotein). Kolesterol jahat merupakan kolesterol yang komponen kolesterolnya sendiri lebih tinggi dibandingkan dengan komponen komponen lain seperti protein.

LDL disebut sebagai kolesterol jahat karena tumpukan tumpukannya dapat menembal dan memebentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh arteri. Kolesterol jahat juga dapat memicu terjadinya serangan jantung dan juga stroke.

Sumber makanan yang mengandung kolseterol jahat (LDL) antara lain adalah segala jenis jeroan seperti hati, udang lobster, iga, burger, camilan berbahan kimia, dll.

Batas normal kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh

Untuk orang dewasa, batas normal kolesterol jahat dalam tubuh adalah minimal 100 mg/d – 130 mg/dl. Jika lebih dari jumlah tersebut, maka kolesterol sudah dianggap tinggi hiperkolesterolemia. Sedangkan untuk anak anak, batas normal kolesterol jahat yang dibutuhkan tubuh adalah 90 mg/dl-100 mg/dl.

2. Kolesterol baik (HDL)

Jenis kolesterol yang kedua adalah kolesterol baik atau LDL (High density lipoprotein). Kolesterol baik merupakan jenis kolesterol yang mengandung lebih banyak protein dibandingkan dengan kolesterolnya sendiri. Berbeda dengan kolesterol jahat yang dapat membentuk plak. Sebalinya, kolesterol jahat justru mencegah terhadinya plak.

Hal tersebut karena HDL mampu menyerap kolesterol berlebih yang dibawa oleh LDL yang kemudian akan dikembalikan menuju organ hati untuk diurai kembali. oleh sebab itu, kolesterol jahat tidak jadi menumpuk dan membentuk plak. HDL atau kolesterol baik juga dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan juga stroke.

Sumber makanan yang mengandung kolesterol baik (HDL) antara lain adalah telur, biji bijan, gandum utuh, ikan, kacang kacangan, tomat, alpukat, minyak zaitun, dll.

Batas normal kolesterol baik (HDL) dalam tubuh

Walaupun kolesterol baik tidak terlalu berbahaya, namun jenis kolesterol ini juga memiliki batas normal. Bats normal kolesterol baik (HDL) untuk orang dewasa maupun anak anak adalah sebanyak 150mg/dl – 200mg/dl. Jika lebih dari jumlah tersebut, maka kolesterol dalam tubuh sudah dikatakan tinggi (hiperkolesterolemia)

3. Trigeliserida

Jenis kolesterol yang terakhir adalah trigeliserida. Terigeliserida juga merupakan kolesterol yang memiliki fungsi penting yaitu sebagai satu satunya senyawa lemak yang diproses menjadi sumber energi. Akan tetapi, trigeliserida juga berbahaya bagi tubuh jika jumlahnya berlebihan. Jumlah terigeliserida yang melebihi batas normal juga dapat membentuk plak dan dapat menyumbat pembuluh arteri dan otak hingga menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Sumber makanan yang mengandung trigeliserida antara lain adalah santan, alkohol, makanan yang dipanggang, mie,  dll.

Batas normal trigeliserida dalam tubuh

Batas normal trligeliserida dalam tubuh adalah minimal 150 mg/dl – sampai 200 mg/dl. Jika jumlahnya melebihi jumlah tersebut maka kolesterol sudah dapat dikatakan tinggi (hiperkolesterolemia).


MYCOL – OBAT HERBAL MENGATASI KOLESTEROL TINGGI

Ampuh, Aman, & Praktis

 

MYCOL adalah solusi alami kolesterol tinggi. Obat kolesterol tinggi yang berbentuk kapsul ini terbuat dari 100% bahan herbal alami yang dijamin aman. Bahan herbal dalam MYCOL antara lain adalah daun salam, buah mengkudu, daun sambiloto, dan  herbal rahasia lainnya yang efektif menurunkan kadar kolesterol tubuh, terutama kolesterol jahat (LDL).

Manfaat MYCOL secara keseluruhan antara lain adalah ;

  • Menurunkan kolesterol dalam tubuh, terutama kolesterol jahat (LDL)
  • Menyehatkan dan melindungi jantung.
  • Meningkatkan stamina dan vitalitas.
  • Menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Artikel Terkait

15 makanan penurun kolesterol tinggi
fakta mengenai kolesterol yang penting untuk diketahui