Makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi – HIPERTENSI. Ya, sering orang menyepelekan penyakit ini. Padahal jika tekanan darah tinggi dibiarkan terus menerus, maka dapat mengakibatkan komplikasi penyakit yang serius. Hipertensi juga disebut sebut sebagai dalang dari datangnya berbagai macam penyakit lain seperti serangan jantung, stroke, gangguan ginjal, dll.

Walaupun banyak yang menyepelekan, namun tidak sedikit juga yang takut dan sadar terhadap bahaya hipertensi. Mereka melakukan berbagai cara agar tekanan darahnya kembali normal. Ada beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ada beberapa jenis makanan yang dapat mengatasi hipertensi antara lain adalah ;

Jenis Sayur untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Bawang putih

Salah satu bahan makanan alami yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi adalah bawang putih. Sejak dulu, bawang putih memang dikenal karena manfaatnya yang dapat mengatasi hipertensi. Para apoteker juga sering melibatkan bawang putih sebagai salah satu obat hipertensi. Bawang putih mengandung fosfor, magnesium, aliicine, sulfur yang dipercaya mampu melebarkan pembuluh darah.

2. Sayuran hijau

Makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi jenis sayur berikutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, buncis, seledri, dll memang dipercaya mampu mengatasi  hipertensi. Kandungan asam folat, serat, potasium, dan magnesium mampu mengontrol tekanan darah.

3. Tomat

Tomat juga meruapakan sayuran yang ampuh mengatasi hipertensi. Kandungan vitamin c, magnesium, kalsium, serta kalium dalam tomat sangat ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Kentang

Selain karbohdirat, kentang juga mengandung zat gizi lain seperti potasium dan magnesium. Nah, zat gizi tersebut lah yang membuat tomat mampu membantu mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mentimun

Banyak yang sudah tahu bahwa mentimun memang sangat ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tesebut dikarenakan mentimun mengandung banyak sekali zat gizi penting yang dapat membantu menurunkan tekanan darah seperti saponin, asam kafeat, vitamin C, vitamin E,  dan asam linoleat.

Jenis Buah untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Mengkudu

Salah satu makanan jenis buah yang dapat mengatasi hipertensi adalah mengkudu. Hal ini disebabkan karena buah mengkudu mengandung vitamin, protein, dan mineral. Selain itu, buah mengkudu juga mengandung senyawa scopletin yang memiliki sifat anti inflamasi.

2. kiwi

Buah selanjutnya yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi adalah kiwi. Dalam kiwi terkandung zat anti oksidan yang sangat tinggi. Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin C dan potasium yang mampu membantu mengtasi hipertensi.

3. Jeruk

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung kalium dan potasium. Zat zat gizi tersebutlah yang membuat jeruk mampu menurunkan tekanan darah dan juga melancarkan peredaran darah.

4. Blewah

Rasa blewah memang tak selezat dan semanis melon, namun manfaatnya tak kalah banyak. Blewah mengandung potasium yang sangat tinggi sehingga mampu membantu mengontrol tekanan darah.

5. Semangka

Selain memilki rasa yang segar, semangka juga memilki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengatasi hipertensi. Hal tersebut disebabkan karena semangka mengandung vitamin A, serat, dan likopen yang sangat tinggi.

6. Melon

Kandungan potasium pada melon tak kalah tinggi dengan blewah. Potasium itulah yang membuat melon mampu membantu menurunkan tekanan darah.

7. Anggur

Kandungan flavanoid yang cukup tinggi pada anggur membuat buah ini mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Jambu biji

Selain jeruk, jambu biji juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Hal itulah yang membuat jambu biji dijadikan sebagai salah satu buah untuk menurunkan tekanan dara tinggi.

Jenis Makanan Karbohidrat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Oatmeal

Selain memilki jumlah karbodidrat yang lebih rendah dibanding nasi, kandungan natrium atau garam pada oatmeal juga lebih rendah.

2. Roti gandum

Sama seperti oatmeal, roti gandum juga mengandung karbohidrat lebih rendah dibanding nasi. Selain itu, gandum juga mengandung serat yang cukup tinggi.

Jenis Minuman untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Yoghurt

yoghurt merupakan salah satu minuman untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Walaupun kadar lemak dalam youghurt lebih rendah dibandung susu, namun kandungan kalsium, kalium, dan magnesium pada yoghurt setara dengan susu. Karena zat zat gizi itulah yoghurt mampu membantu mengatasi hipertensi

2. Susu skim

susu skim merupakan susu yang bebas atau rendah lemak namun mengandung vitamin D yang tinggi. Walaupun rendah lemak, namun kandungan kalsium, kalium, dan magnesium dalam susu skim masih tinggi sehingga mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Jenis Makanan Lainnya

1. Cokelat

banyak yang tak menyangka bahwa camilan ini termasuk salah satu makanan penurun darah tinggi. Tapi, coklelat yang dimaksud adalah cokelat hitam (murni) tanpa gula. Hal tersebut disebabkan cokelat hitam mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi.

2. Biji bunga matahari (kuaci)

Banyak yang tak menyangka juga bahwa biji bunga matahari dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan peredaran darah jantung. Hal tersebut disebabkan karena biji bunga matahari merupakan sumber magnesium yang sangat tinggi.

3. Minyak zaitun

Mengkonsumsi minyak zaitun juga sangat efektif mengatasi hipertensi. Hal tersebut disebabkan karena minyak zaitun mengandung zat polifenol yang ampuh menurunkan tekanan darah.

4. Ikan

Jenis ikan yang mengandung omega 3 tinggi seperti ikan salmon dan ikan tuna juga sangat efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Intinya, hipertensi atau darah tinggi harus ditangani dengan cepat dan tidak boleh disepelekan sebelum akhirnya terlambat.


MEMPERKENALKAN …

CARDO – R | OBAT HERBAL UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

CARDO R - OBAT HERBAL UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

CARDO-R merupakan obat hipertensi yang berbeda dengan obat hipertensi lainnya yang dijual di apotek. mengapa berbeda? ya, Cardo-R adalah obat hipertensi yang terbuat dari ekstrak tanaman herbal. Dimana obat herbal ini mampu menyembuhkan hipertensi dengan cara alami namun pasti.

Ekstrak tanaman herbal yang terdapat pada CARDO-R seperti daun pegagan, daun seledri, daun salam, dan herbal rahasia lainnya sangat efektif mengontrol tekanan darah. Selain itu, Cardo-R juga memiliki khasiat lain seperti mencegah datangnya penyakit lain akibat hipertensi, dan juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Cardo-R juga sudah mendapatkan izin dari BPOM dengan nomor registrasi POM TR 173302361.

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI & INFORMASI LEBIH LANJUT


Artikel Terkait

benarkah penderita hipertensi sangat mudah marah? begini penjelasannya
pengobatan lini kedua untuk hipertensi
gejala hipertensi yang tak boleh di abaikan
hipertensi: klasifikasi, penyebab, & pengobatannya