Inilah Komplikasi yang Terjadi Akibat Asam Urat Tinggi

Komplikasi asam urat – penyakit asam urat yang dibirakan lama lama dan tidak diobati akan dapat menyebabkan komplikasi

Sekilas Mengenai Asam Urat

Sama seperti diabetes dan hipertensi, asam urat juga merupakan penyakit kronis. Asam urat sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar purin dalam tubuh. purin yang menumpuk tersebut jika dibarkan lama lama akan mengendap dan menghasilkan kristal kristal tajam (kristal asam urat). kristal tersbut kemudian akan menusuk dan menghasilkan gejala nyeri dan linu yang luar biasa.

Umumnya bagian tubuh yang terserang aam urat atau tertusuk kristal kristal purin adalah lutut, jari kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, jari tangan, dll.

Komplikasi Akibat Asam Urat

Selain memiliki gejala ngilu dan linu yang menyakitkan, asam urat yang dibiarkan terus menerus tanpa ditindak lanjuti juga dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya

1. Batu ginjal

Komplikasi asam urat yang pertama adalah batu ginjal. ya, sebanyak 25% penderita asam urat pernah mengalami batu ginjal. itu karena proses pembentukan batu ginjal yang berasal dari asam urat begitu kompleks dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Setiap waktu ginjal tentunya harus melakukan fungsinya pada proses pembentukan dan pengeluaran urin. Pada saat proses tersebut berlangsung tentunya purin purin yang menumpuk juga ikut terproses bersama urin. Dan akhirnya lama lama mengendap hingga menghasilkan batu ginjal.

2. Gagal ginjal

Komplikasi asam urat yang selanjutnya adalah kegagalan fungsi ginjal. sebelumnya sudah dibahas bahwa asam urat dapat menyebabkan terjadinya endapan batu ginjal. jika endapan endapan tersebut terus berangsung dan jumlah batu ginjal dalam ginjal tidak terkendali maka akhirnya ginjal juga akan mengalami kegagalan fungsi.

3. Diabetes

asam urat ternyata juga dapat menyebabkan diabetes. Purin yang menumpuk dalam tubuh mengakibatkan tekanan dan sirkulasi darah menjadi terganggu. Karena hal tersebut gula darah menjadi tidak stabil dan cenderung meningkat hingga akhirnya terjadilah diabetes.

4. Kerusakan sendi permanen

Komplikasi akibat asam urat berikutnya adalah kerusakan pada sendi. Kristal kristal purin tajam yang menusuk sendi jika dibiarkan dan tidak ditangani lama kelamaan akan menyebabkan sendi rusak. Bahkan kerusakan sendi tersebut bisa menjadi permanen.

5. Terjadinya benjolan benjolan (tofi)

Komplikasi asam urat berikutnya adalah munculnya tofi. Tofi sendiri merupakan benjolan benjolan dibalik kulit berwarna kekuningan yang terbentuk akibat akumulasi kristal purin. Tofi biasanya akan muncul dibagian yang terserang asam urat. bejolan tofi yang dibiarkan lama lama dapat menyebabkan terjadinya pemecahan dan akan timbul rasa sakit. Biasanya, benjolan tofi yang pecah akan mengeluarkan nanah yang bercampur dengan kristal kristal tajam asam urat.

6. Reumatik

Reumatik merupakan gangguan yang terjadi aikbat kakunya persendian. Umumnya reumatik terjadi di bagian pinggang, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan. Salah satu penyebab reumatik adalah asam urat. ya, komplikasi asam urat dapat menyebabkan reumatik. Kadar purin yang tinggi dapat mengakibatkan persendian kaku.

7. Jantung koroner

Selain gagal ginjal, salah satu komplikasi asam urat yang paling berbahaya adalah jantung koroner. Menurut jurnal Rheumatology tahun 2013, kadar asam urat yang tinggi menyebabkan perderan darah menjadi tidak lancar, termasuk pembuluh darah jantung. Hal tersebut memungkinkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung hingga menyebabkan jantung koroner.

Itulah komplikasi yang terjadi akibat penyakit asam urat yang tidak segera ditangani. Maka dari itu untuk anda penderita asam urat rajinlah berkonsultasi ke dokter dan minumlah obat sesuai resep dokter. Selain itu kurangi juga mengkonsumsi makanan penyebab asam urat.


G-OFF | OBAT HERBAL MENGATASI ASAM URAT & PEGAL LINU

Alami, Aman, & Praktis

G-OFF | Obat Herbal Asam Urat Terbaik & Terbukti Ampuh

 

G-OFF adalah obat kapsul yang berkhasiat mengatasi asam urat dan pegal linu. G-OFF terbuat dari 100% bahan herbal alami. bahan herbal yang terdapat pada G-OFF antara lain adalah daun seledri, sidaguri, daun salam, kumis kucing, dan herbal rahasia lain yang efektif mengatasi asam urat, pegal linu, dan juga nyeri otot.

Manfaat G-OFF secara keseluruhan adalah ;

  • Mengobati asam urat.
  • Meredakan rasa nyeri akibat asam urat.
  • Meredakan pegal linu.
  • Menurunkan kadar purin dalam tubuh.
  • Membantu mengatasi dan meredakan gejala reumatik.

DAPATKAN G-OFF DENGAN CARA KLIK DI SINI


Artikel Terkait

Asam urat; penyebab, gejala, diagnosa, & pengobatannya
8 obat alami asam urat tinggi