Makanan penyebab asam urat – asam urat atau istilah medisnya gout merupakan gangguan dimana penderitanya akan megalami rasa nyeri dan linu yang tak tertahankan pada bagian tubuh tertentu. Biasanya bagian tubuh yang terserang asam urat antara lain adalah jari kaki, pergelangan kaki, siku, lutut, jari jari tangan, dan juga pergelangan tangan.

Rasa nyeri tersebut terjadi akibat menumpuknya purin yang kemudian berubah menjadi kristal kristal tajam yang menusuk bagian tubuh yang diserang. Penyakit asam urat sendiri dapat disebabkan oleh beebagai macam faktor. Salah satunya adalah faktor makanan.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan asam urat. Biasanya, makanan makanan tersebut adalah makanan yang mengandung purin. Karena penyebab utama asam urat adalah tingginya kadar purin dalam tubuh

Makanan Penyebab Tingginya Asam Urat

Sangat penting untuk mengetahui makanan apa saja penyebab asam urat. Termasuk untuk anda yang sekarang terserang asam urat. Hal tersebut tentu ada tujuannya. Tujuannya tak lain adalah agar anda dapat mengurangi dan membatasi makanan tersebut. Berikut makanan penyebab asam urat tinggi.

1. Jenis Buah Buahan

~ Nangka

Ya, nangka merupakan salah satu jenis buah yang dapat menyebabkan asam urat tinggi. Hal tersebut disebabkan karena nangka mengandung zat purin yang cukup tinggi. Maka dari itu, untuk anda penderita asam urat sebaiknya kurangi atau bahkan hindari mengkonsmsi buah nangka.

~ Nanas

Selain nangka, buah nanas ternyata juga dapat menyebabkan asam urat, terutama nanas yang telah difermentasi. Nanas yang telah difermentasi akan semakin banyak menghasilkan alkohol. Sedangkan alkohol sendiri dapat menyebab asam urat.

~ Rambutan

Selain nanas, rambutan juga merupakan buah yang besifat alkoholik. Terutama jika rambutan tersebut dikonsumsi dalam keadaan terlalu matang. Karena semakin matang buah rambutan maka semakin manis juga rasanya. Sedangkan semakin manis buah rambutan maka akan semakin tinggi alkoholnya sehingga dapat menyebabkan asam urat meninggi.

~ Kelapa muda

Kelapa muda mengandung kalium dan elektrolit yang dapat membuat sekresi ginjal menjadi sulit. Kesulitan ginjal dalam melakukan sekresi tersebut akan memiicu  tingginya zat purin. Maka dari itu, batasi mengkonsumsi kelapa muda.

2. Jenis Sayur Sayuran

~ Bayam

Makanan bayam memang sering menjadi pantangan penderita asam urat. Memang benar, penderita asam urat yang mengkonsumsi sayuran hijau ini hanya akan memperparah saja. pasalnya, bayam mengandung zat purin yang sangat tinggi.

~ Bunga kol

Selain bayam, bunga kol juga memilki kandungan zat purin yang tak kalah tinggi. Maka dari itu, mengkonsumsi bunga kol haruslah dibatasi.

~ Jamur

Baru baru ini, sayuran jamur tiram memang menjadi salah satu sayuran yang dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Namun, dalam mengkonsumsinya haruslah dibatasi jika tidak ingin terserang asam urat. Pasalnya, jamur mengandung zat purin yang tak kalah tinggi dengan bayam.

~ Asparagus

Sama seperti beberapa sayuran di atas, asparagus dapat menyebabka asam urat disebabkan karena asparagus mengandung zat purin yang sangat tinggi.

3. Jenis Seafood

~ Udang

Jenis seafood pertama yang dapat menyebabkan asam urat adalah udang. Karena per 100 gram udang sudah mengandung zat purin sebanyak 147 mg.

~ Ikan teri

Ikan teri memang dikenal sebagai ikan sederhana yang memiliki banyak manfaat. Namun untuk penderita asam urat, mengkonsumsi ikan ini harus dibatasi. Hal tersebut disebabkan karena ikan teri mengandung zat purin yang cukup tinggi. Yaitu sebanyak 239 mg zat purin per 100 gramnya.

~ Ikan sarden

Selain ikan teri, ikan sarden juga merupakan ikan sejuta manfaat namun harus dibatasi penderita asam urat. Ikan sarden mengandung zat purin yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada ikan teri. Yaitu sebanyak 480mg zat purin per100 gramnya.

~ Ikan tuna

Sama seperti beberapa jenis ika di atas, ikan tuna dapat menyebabkan asam urat karena mengandung zat purin yang sangat tinggi.

4. Jenis daging

~ Daging kambing dan domba

Meskipun mengandung protein yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan, namun mengkonsumsi daging domba juga harus dibatasi. Pasalnya, baik daging domba maupun daging kambing dapat mengandung zat purin yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan asam urat.

~ Daging sapi

Selain daging domba dan daging kambing, daging sapi juga mengandung zat purin yang cukup tinggi. Yaitu sebanyak 11  mg zat purin per 100 gramnya.

~ Daging ayam

Untuk daging ayam, kandungan zat purinyya juga tak kalah tinggi. Daging ayam mengandung zat purin sebanyak 175 mg per 100 gramnya.

~ Daging bebek

Kandungan purin daging bebek memang tidak setinggi daging bebek. Namun, zat purn sebanyak 130 mg per 100 gram daging bebek sudah mampu membuat tangan dan kaki anda nyeri karena asam urat.

5. Jenis Jeroan 

Segala jenis jeroan mau itu jeroan ayam atau sapi seperti hati, limpa, lidah, ginjal, otak, dll dapat menyebabkan asam urat. Hal tersebut disebabkan karena jeroan mengandung zat purin yang sangat tinggi.

6. Jenis Minuman

~ Minuman beralkohol

Sudah dijelaskan sebelumya, bahwa alkohol dapat menyebabkan asam urat meninggi. Selain itu, alkohol juga dapat mempengaruhi sekresi ginjal yang akhirnya dapat menyebabkan asam urat. Maka dari itu, kurangilah mengkonsumsi minuman beralkohol.

~ Minuman manis

Tak hanya dapat menyebabkan diabetes. Minuman manis yang dapat mempengaruhi berat badan ternyata juga dapat menyebabkan asam urat.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan asam urat. Maka dari itu, untuk anda yang menderita asam urat atu untuk anda yang ingin mencegahnya, batasi mengkonsumsi makanan makanan di atas.


MEMPERKENALKAN …

G- OFF |OBAT HERBAL ASAM URAT & PEGAL LINU

Aman, Alami, Praktis, & No efek samping

G-OFF | Obat Herbal Asam Urat Terbaik & Terbukti Ampuh

 

G-OFF merupakan obat herbal asam urat yang diproduksi oleh Pt. Lhiza herbal international. G-OFF terbuat dari beberapa bahan herbal dimana bahan herbal tersebut dipercaya mampu mengatasu asam aurat dan juga pegal linu.

Bahan herbal yang terdapat pada G-OFF antara lain adalah daun selederi, daun sidaguri, daun salam, kumis kucing, dan juga herbal rahasia lainnya. G-OFF juga sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping apapun. Obat herbal asam urat ini sudah mendapatkan izin BPOM dengan nomor registrasi TR 173303181.

Khasiat G-OFF Secara Keseluruhan Adalah :

  • Mengobati dan Menyembuhkan asam urat
  • Membantu meredakan rasa nyeri pada sendi
  • Membantu meredakan pegal linu
  • Membantu meringankan keluhan rematik
  • Membantu menurunkan kadar asam urat

~ DAPATKAN G-OFF DENGAN CARA KLIK DI SINI ~


Artikel Terkait

makanan dan minuman yang harus dihindari penderita asam urat

asam urat ; penyebab, gejala, komplikasi, & pengobatan

ketahui penyebab dan cara mengatasi pegal linu