Makanan yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

Makanan pantangan batu ginjal – batu ginjal merupakan salah satu gangguan ginjal yang disebabkan karena adanya batu batu kristal mirip kerikil di ginjal. batu tersebut merupakan hasil pengendapan limbah zat zat darah seperti zat purin dan zat kalsium yang berlebihan.

Mengatasi batu ginjal dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu operasi, menggunakan uteroskopi, atau bisa juga dengan obat herbal

Ada juga beberapa makanan yang harus dihindari penderita batu ginjal. kali ini onherba.com akan berbagi informasi mengenai apa saja makanan pantangan batu ginjal.

sebelum itu, ada baiknya jika kita bahas dulu apa saja gejala batu ginjal yang mungkin banyak orang yang tidak mengetahuinya. Berikut gejala gejala batu ginjal.

  • Perubahan warna urine.
  • Urine berbau tak sedap.
  • Sakit saat buang air kecil.
  • Munculnya rasa sakit di bagian punggung.
  • Urine mengeluarkan darah.
  • Mual dan muntah.
  • Demam dan menggigil kedinginan.

Makanan yang Menjadi Pantangan Batu Ginjal

Selama batu ginjal belum keluar atau masih berada di ginjal, penderita batu ginjal dilarang mengkonsumsi makanan berikut.

1. Minuman mengandung kafein

Makanan atau minuman yang harus dihindari penderita batu ginjal pertama adalah minuman berkafein. Ya, minuman berkafein seperti kopi dan teh sangat dilarang untuk dikonsumsi penderita batu ginjal. kafein merupakan jenis stimulan yang dapat menekan ginjal dan memperberat kinerja ginjal. selain itu kafein juga dapat meningkatkan pengikatan kalsium oksalat dimana kalsium ini dapat membentuk batu ginjal jika jumlahnya berlebihan.

2. Garam

Sebenarnya bukan pantangan, penderita batu ginjal boleh mengkonsumsi garam tapi harus dibatasi jumlahnya. Ada 2 alasan mengapa natrium yang terkandung pada garam berbahaya bagi penderita batu ginjal. yang pertama natrium dapat menahan urine dimana urine yang tertahan ini dapat mengendap menjadi batu ginjal. yang kedua natrium dapat menganggu sirkulasi darah ginjal hingga memberatkan kinerja ginjal.

3. Susu

Makanan pantangan batu ginjal berikutnya adalah susu dan apa saja produk makanan yang mengandung susu. Susu memiliki kandungan yang cukup tinggi dimana kalsium ini akan menambah pembentukan batu ginjal jika jumlahnya berlebihan.

4. Daging merah

Makanan yang harus dihindari penderita batu ginjal berikutnya adalah daging merah baik itu daging sapi, daging kerbau, daging kambing, dll. daging merah mengandung protein hewani yang sangat tinggi dimana protein ini dapat memberatkan kinerja ginjal. selain itu, daging merah juga juga mengandung asam oksalat yang dapat mengikat kalsium hingga mengendap menjadi batu ginjal.

5. Kedelai

Selain susu, kedelai juga merupakan makanan pantangan batu ginjal karena tinggi kalsium. Ya, kalsium pada kedelai dan produk produk olahannya seperti tahu, tempe, kecap dapat meningkatkan resiko peningkatan jumlah batu ginjal.

6. Makanan yang mengandung purin

Makanan pantangan batu ginjal selanjutnya adalah segala jenis makanan yang mengandung purin. karena kadar purin yang tinggi dalam tubuh juga dapat mengendap menjadi batu asam urat.

7. Makanan manis

Makanan manis terutama makanan yang mengandung pemanis buatan juga harus dihindari penderita batu ginjal. kandungan bahan kimia yang terdapat pada pemanis buatan dapat memperberat kinerja ginjal. selain itu pemanis juga mengandung natrium yang dapat membuat pelepasan kalsium meningkat dimana kalsium ini dapat membentuk batu ginjal jika jumlahnya berlebihan.

8. makanan atau minuman yang mengandung alkohol

tidak hanya ginjal saja. alkohol sebenarnya juga tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Alkohol memiliki sifat diuretik yang dapat meendorong urin hingga dehidrasi dan ginjal mengalami kekeringan. Selain itu, alkohol juga mengandung purin yang dapat menyebabkan peningkatan jumlah batu ginjal. karena jumlah purin yang tinggi dapat mengendap menjadi batu ginjal.

9. Tomat

walaupun tomat masuk dalam salah satu makanan sehat untuk ginjal tapi tomat sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita batu ginjal. tomat mengandung asam oksalat yang dapat melepas kalsium. Dimana jika kalsium jumlahnya berlebihan akan dapat mengendap menjadi batu ginjal.


STONOF | OBAT HERBAL UNTUK MENGATASI BATU GINJAL

Alami, Aman, & Praktis

STONOF - Obat herbal kapsul batu ginjal

Khasiat STONOF secara keseluruhan ;

  1. Menghancurkan batu ginjal tanpa merusak ginjal.
  2. Mencegah dan mengatasi radang saluran kemih.
  3. Meredakan gejala batu ginjal.
  4. Mencegah pembentukan batu ginjal.
  5. Membersihkan racun dan toxin di ginjal.
  6. Meningkatkan fungsi dan kinerja ginjal.
  7. Meningkakan sistem imun dan daya tahan tubuh.
 

Baca Juga

10 faktor penyebab batu ginjal yang takboleh diremehkan
10 tips menjaga kesehatan ginjal