Kandungan Gizi dan Manfaat Kumis Kucing untuk Mengobati Asam Urat

Manfaat kumis kucing untuk mengobati asam urat – pada artikel artikel sebelumnya, onherba.com telah berbagi info dengan anda mengenai apa saja pembahasan seputar asm urat. mulai dari klasifikasi asam urat, makanan yang harus dihindari penderita asam urat, dll. untuk kali ini onherba.com akan membahas mengenai salah satu obat herbal asam urat yaitu kumis kucing.

Walaupun bukan tergolong penyakit mematikan, Asam urat harus tetap segera diatasi. Karena jika dibiarkan lama lama dapat menyebabkan Kompilkasi. Salah satu Komplikasi asam urat adalah penyakit batu ginjal

Kumis kucing merupakan tanaman lokal yang masuk dalam jenis famili lamiacea. Tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus ini memiliki bentuk unik. Putih seperti bulu yang mirip dengan kumis kucing. Maka dari itu tidak heran jika tanaman ini disebut kumis kucing. Kumis kucing sendiri termasuk tanaman liar yang sangat mudah kita temukan.

Dibalik bentuknya yang unik tersebut, kumis kucing memiliki segudang manfaat. Banyak para pakar herbalis yang mencari kumis kucing untuk dijadikan sebagai salah satu bahan herbal pembuatan obat. Salah satu dari segudang manfaat kumis kucing adalah efektif dalam mengobati asam urat.

Zat gizi yang terkandung pada kumis kucing sangat efektif mengobati asam urat dan meredakan gejalanya

Kandungan Gizi Kumis Kucing

Kandungan gizi kumis kucing yang membuatnya efektif mengobati asam urat adalah sebagai berikut ;

  • Flavanoid.
  • Kalium.
  • Minyak atsiri.
  • Glikosida orthosiphonim.
  • Mioinositol.
  • Zat samak.
  • Saponin.
  • Sapofonin.

Khasiat Kumis Kucing untuk Mengobati Asam Urat

1. Kumis kucing mampu mengontrol kadar asam urat dengan melarutkan purin dalam darah

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar purin dalam tubuh. biasanya disebabkan oleh makanan bepurin tinggi atau kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Purin yang tinggi dalam tubuh akan berbahaya jika dibiarkan terus menerus tanpa diobati. Bahkan dapat mengakibatkan terjadinya komplikasi.

Salah satu komplikasi asam urat adalah batu ginjal. kadar purin tinggi yang terus menerus tidak terkontrol dapat mengendap di ginjal menjadi batu ginjal. maka dari itu, anda perlu kumis kucing untuk mencegah hal itu. kandungan gizi yang terkandung dalam kumis kucing mampu melarutkan purin dalam darah. Jadi dengan begitu, kadar purin akan semakin berkurang dan pengendapan purin menjadi batu ginjal juga tidak akan terjadi.

2. Kumis kucing mampu meredakan gejala gejala asam urat

Asam urat merupakan penyakit yang memiliki gejala menyakitkan. Salah satu gejalanya adalah rasa linu yang tak tertahankan di bagian tubuh yang terserang asam urat. bagian tubuh yang terasa linu umumnya adalah siku, lutut, pergelangan kaki, jari jari kaki, pergelangan tangan, dan juga jari jari tangan. Rasa nyeri tersebut terjadi karena tusukan kristal kristal tajam akibat penumpukan purin.

Untuk mengobati asam urat, kumis kucing ternyata tidak hanya mampu melarutkan zat purn saja. Kumis kucing juga dapat meredakan gejala gejalanya. Hal tersebut disebabkan karena kumis kucing mengandung flavanoid dan antoksidan tinggi. Zat zat tersebut lah yang berperan sebagai anti inflamasi yang mampu mengurangi dan meredakan rasa nyeri karena asam urat. selain itu, zat zat gizi yang terdapat pada kumis kucing mampu mencegah terjadinya pembengkakan dan terjadinya benjolan tofi akibat zat purin yang mengkristal.

Cara Pengolahan Kumis Kucing untuk Obat Asam Urat

1. Air rebusan kumis kucing

Salah satu pengolahan kumis kucing untuk dijadikan obat asam urat adalah dengan merebusnya bersama dengan air. Cara pengolahannya adalah sebagai berikut.

Bahan bahan :

  • 6 helai kumis kucing.
  • 3 gelas air.

Cara membuat :

  • Cuci 6 helai kumis kucing hingga bersih.
  • Rebus 3 gelas air dan tunggu sampai mendidih.
  • Masukkan 6 helai kumis kucing ke dalam air yang sudah mendidih.
  • Tunggu selama kurang lebih 10 menit sampai kumis kucing hancur dan tercampur merata.
  • Air rebusan kumis kucing siap diminum.

2. Teh dari kumis kucing

Selain merebusnya, kumis kucing juga dapat diseduh layaknya seperti teh. Caranya sangat mudah. Anda hanya tinggal mengerigkannya terlebih dahulu. Lalu setelah itu seduh dengan menggunakan air panas. Dan teh kumis kucing siap anda minum.

3. Herbal kapsul kumis kucing

Selain direbus dan diseduh seperti teh, kumis kucing juga dapat diolah menjadi obat herbal kapsul. Biasanya kumis kucing akan diekstrak terlebih dahulu hingga menjadi bagian bagian halus lalu dimasukkan ke dalam cangkang kapsul. Pengolahan kumis kucing ini biasanya dilakukan para pakar herbalis dan para apoteker untuk kemudian dijual.


G-OFF | OBAT HERBAL KAPSUL UNTUK MENGATASI ASAM URAT

Alami, Aman, & Praktis

Terbuat dari 100% bahan herbal alami

OBAT HERBAL PEGAL LINU DAN ASAM URAT

Khasiat G-OFF secara keseluruhan ;

  1. Mengobati dan menyembuhkan asam urat.
  2. Mengontrol kadar purin dalam tubuh.
  3. Meredakan gejala asam urat.
  4. Meredakan nyeri otot dan pegal linu.
  5. Meringankan keluhan asam urat.

DAPATKAN G-OFF DENGAN CARA KLIK DI SINI