Faktor Penyebab Penyakit Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Penyebab Hipertensi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah di atas 140/90 mmHg. Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor keturunan hingga pola hidup yang tidak sehat.

Faktor Penyebab Hipertensi

Penyebab hipertensi belum dapat dipastikan pada lebih dari 90% kasus. Kondisi tersebut dikenal sebagai hipertensi primer. Ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami hipertensi ini, antara lain:

1. Usia

Usia menjadi penyebab hipertensi yang pertama. Seiring bertambahnya usia, risiko hipertensi akan semakin meningkat. Hal ini terjadi karena organ tubuh, terutama pembuluh darah dan jantung, sering mengalami penurunan fungsi. Terlebih bila ditambah dengan gaya hidup yang tidak sehat, risiko hipertensi juga semakin tinggi.

2. Faktor Keturunan

Penyebab hipertensi selanjutnya yakni genetika. Seseorang dengan anggota keluarga yang mengidap hipertensi memiliki risiko tinggi untuk mengalami kondisi yang sama. Namun tentunya faktor risiko yang satu ini bisa dikontrol dengan penerapan pola hidup sehat.

3. Merokok

Merokok menjadi salah satu faktor penyebab hipertensi. Merokok satu batang saja dapat menyebabkan lonjakan langsung dalam tekanan darah. Selain itu juga dapat meningkatkan kadar tekanan darah sistolik sebanyak 4 mmHg. Nikotin dalam produk tembakau memacu sistem saraf untuk melepaskan zat kimia yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.

4. Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Penyebab hipertensi berikutnya yakni obesitas. Berat badan yang berlebih akan membutuhkan oksigen dan nutrisi yang lebih banyak, sehingga volume darah yang dibutuhkan pun lebih banyak. Volume darah yang meningkat otomatis akan meningkatkan tekanan darah pula.

5. Kurang Berolahraga

Kurang olahraga menjadi penyebab hipertensi? Tentu! Seseorang yang jarang berolahraga atau terlalu sering bersantai-santai cenderung memiliki detak jantung yang lebih cepat. Jika detak jantung lebih cepat, itu berarti kerja jantung juga lebih keras sehingga akan meningkatkan tekanan darah.

6. Mengonsumsi Makanan dengan Kadar Garam yang Tinggi

Penyebab hipertensi berikutnya yaitu terlalu banyak mengonsumsi garam. Garam yang dikonsumsi dalam waktu konstan dan jumlah tak terkontrol akan menumpuk pada pembuluh darah. Akibatnya, dinding pembuluh darah akan menebal. Inilah yang menyebabkan saluran darah menjadi semakin sempit dan berkontribusi terhadap hipertensi.

7. Terlalu Banyak Minum Minuman Keras

Kandungan alkohol dalam minuman keras dapat memicu kerusakan pada organ jantung dan dinding arteri. Hal ini diketahui bisa menjadi penyebab hipertensi.

8. Stres

Stres menjadi salah satu penyebab hipertensi. Stres akan meningkatkan produksi hormon kortisol dan adrenalin, yang keduanya dapat meningkatkan kinerja jantung. Akhirnya, jantung akan memompa darah lebih cepat dan memicu terjadinya peningkatan tekanan darah.

 

Sementara hipertensi yang disebabkan oleh kondisi tertentu atau diketahui penyebabnya disebut hipertensi sekunder. Secara umum, 10% dari kasus hipertensi merupakan jenis sekunder. Penyebab hipertensi ini meliputi:

9. Gangguan Fungsi Ginjal

Penyebab hipertensi bisa disebabkan adanya gangguan pada ginjal. Ginjal mengeluarkan hormon renin saat terjadi gangguan aliran darah menuju ginjal. Ketika ginjal terlalu banyak mengeluarkan hormon renin, maka tekanan darah pun akan naik.

10. Sleep Apnea

Sleep Apnea menjadi penyebab hipertensi berikutnya. Sleep Apnea merupakan suatu kondisi yang menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen saat tidur. Kondisi tersebut disebabkan karena kerusakan dinding pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah dan tekanan pada sistem kardiovaskular akan meningkat.

11. Obat-Obatan

Penyebab hipertensi bisa berasal dari obat-obatan. Mengonsumsi obat-obatan seperti pil KB, dekongestan, analgesik, antidepresi, anti-inflamasi non-steroid (NSAID), dan obat lainnya dengan kandungan tertentu dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk mengikuti resep dokter saat mengonsumsi obat tersebut.

12. Kehamilan

Kehamilan bisa menjadi salah satu penyebab hipertensi. Ada sekitar 10% ibu hamil yang mengalami hipertensi dan sebenarnya kondisi ini memang lumrah terjadi. Terutama pada wanita yang baru pertama kali hamil.

13. Diabetes

Penyebab hipertensi selanjutnya yakni penyakit diabetes. Kondisi penyakit diabetes melitus tipe 2 cenderung meningkatkan risiko peningkatan tekanan darah dua kali lipat. Diabetes yang berujung hipertensi bisa disebabkan karena peningkatan volume cairan, peningkatan kekakuan arteri, serta gangguan penanganan insulin.

14. Gangguan Hormon

Penyebab hipertensi bisa disebabkan karena adanya gangguan hormonal. Peningkatan hormon tertentu seperti kortisol dapat meningkatkan tekanan darah.

Itulah beberapa penyebab hipertensi yang telah kami himpun. Jangan sungkan melakukan kontrol tekanan darah guna memastikan apakah tekanan darah Anda normal atau termasuk tinggi.

Semoga bermanfaat.


Penyebab Hipertensi Memang Banyak,

Namun Obat Hipertensi Terbaik Hanya Satu.

CARDO-R

Produk Asli Indonesia, Terbuat dari 100% Herbal Alami

Aman, Praktis, dan Terbukti Berkhasiat

CARDO-R

– Dapatkan Produk Cardo-R Asli Disini