Jangan Salah, Inilah Perbedaan Asam Urat dan Rematik

Perbedaan asam urat dan rematik – pernah merasakan nyeri sendi di beberapa atau salah satu bagian tubuh? Jika benar bisa jadi anda terserang asam urat atau rematik. Lalu apakah asam urat dan rematik adalah dua penyakit yang sama? Jawabannya adalah antara asam urat dan rematik keduanya adalah jenis penyakit yang berbeda.

Gejala asam urat dan rematik memang sama. Yaitu sama sama meraskaan nyeri di bagian sendi tertentu. Tapi pada kenyatannya kedua penyakit tersebut memang berbeda

Ya, Asam urat dan rematik memang dua penyakit yang berbeda. Berbeda penyebabnya, berbeda resikonya, berbeda cara pengobatannya, bahkan juga memiliki perbedaan gejala walaupun kedua penyakit tersebut dikatakan sama karena memiliki gejala yang mirip. Jika anda ingin tahu lebih dalam mengenai perbedaan asam urat dan rematik, simak artikel ini lebih lanjut.

Perbedaan Asam Urat dan Rematik

Perbedaan Pengertian

~ Pengertian asam urat

Asam urat atau gout termasuk merupakan penyakit yang diakibatkan karena tingginya purin dalam tubuh. purin atau zat asam urat yang berlebihan yang jumlahnya berlebihan dapt membentuk kristal kristal tajam yang kemudian menusuk sendi. Asam urat tergolong penyakit kronis.

~ Pengertian rematik

Rematik atau rheumatoid arthritis merupakan penyakit yang diakibatkan karena terjadinya pembengkakan dan peradangan sendi. Rematik bukan terjadi karena faktor makanan. Akan tetapi lebih ke virus. Selain itu rematik dikatakan sebagai penyakit genetik atau turunan. Rematik juga termasuk penyakit kronis.

Perbedaan Penyebab

~ Penyebab asam urat

Di atas sudah dikatakan bahwa asam urat diakibatkan oleh tingginya kadar purin dalam tubuh. jadi, apalagi penyebabnya selain makanan? Ya, anda mungkin terserang asam urat karena anda terlalalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin. contoh makanan yang mengandung purin adalah segala jenis jeroan, daging unggas, daging merah, udang lobster, kacang panjang, bayam, dan masih banyak lagi. Untuk melihat lebih banyak lagi, silahkan lihat di makanan yang mengandung purin.

~ Penyebab rematik

Penyebab rematik belum diketahui secara jelas. Jika asam urat disebabkan oleh faktor makanan, maka penyebab rematik lebih ke autoimun Atau penyakit yang disebabkan karena virus. Rematik bisa juga disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

Perbedaan Gejala

Banyak yang mengaanggap asam urat dan rematik adalah dua penyakit yang sama. Itu karena kedua penaykit tersebut memiliki gejala yang mirip. Yaitu sama sama merasakan nyeri dibagian sendi tertentu. Akan tetapi tidak 100% sama. Kedua penyakit tersebut memiliki perbedaan gejala yaitu sebagai berikut.

~ Gejala asam urat

asam urat biasanya hanya menyerang satu bagian sendi saja di waktu yang sama. Bagian tubuh yang biasa diserang asam urat adalah jari kaki, pergelangan kaki, jari tangan, dan pergelangan tangan. Selain itu, asam urat juga terkadang ditandai dengan adanya benjolan kemerahan pada bagian tubuh yang diserang. Benjolan tersebut biasa disebut tofi. Tofi muncul karena kristal kristal asam urat yang menumpuk dapat membentuk benjolan. Selain itu, rasa sakit karena asam urat juga sering muncul secara tiba tiba dan cenderung lebih sakit dan berat.

~ Gejala rematik

Jika asam urat hanya menyerang satu bagian sendi dalam waktu yang sama, maka lain halnya dengan rematik. Remati menyerang beberapa bagian sendi di waktu yang sama. Biasanya bagian tubuh yang terkena rematik adalah lutut, siku, pergelangan tangan, jari jari tangan. Rematik tidak menimbulkan adanya tofi atau benjolan merah. Selain itu, rasa sakit karena rematik tidak separah asam urat. dan munculnya juga tidak datang secara tiba tiba dan intensitas sakitnya cenderung bertahap.

Perbedaan Resiko

~ Orang yang beresiko terserang asam urat

Asam urat dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia. Mau usia lanjut atau usia muda bisa saja terserang asam urat. orang yang terserang asam urat biasanya adalah orang yang tidak bisa menjaga kebiasaan dan pola makan.

~ Orang yang beresiko terserang rematik

Rematik biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Rematik juga lebih banyak menyerang wanita yang sudah menopause.

Perbedaan Pengobatan

~ Pengobatan asam urat

Pengobatan asam urat bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat penurunan purin dan mengurangi produksi asam urat. contohnya adalah obat anti inflamasi nonsteroid, allopurinol, colchicine, dll. sedangkan pencegahan asam urat dapat dilakukan dengan membatasi mengkonsumsi makanan yang mengandug purin.

~ Pengobatan rematik

Pengobatan rematik hingga saat ini belum diketahui secara jelas. Dokter hanya akan memberikan obat pereda nyeri saja. contoh obat pereda nyeri untuk penderita rematik adalah NSAID, metotreksat, kloroquin, dll.

Itulah perbedaan ramatik dan asam urat. Jadi, lebih berbahaya rematik atau asam urat? keduanya sama sama berbahaya karena memiliki gejala yang menyakitkan. Asam urat walaupun memiliki gejala yang lebih berat dan menyakitkan tapi dapat diobati. Sedangkan rematik walaupun memiliki gejala yang lebih ringan, akan tetapi saat ini belum ditemukan obatnya.


G-OFF | OBAT HERBAL UNTUK MENGATASI ASAM URAT & GEJALA REMATIK

Alami, Aman, praktis, & No efek samping

Terbuat dari 100% Bahan Herbal

G-OFF | OBAT HERBAL UNTUK MENGATASI ASAM URAT & GEJALA REMATIK

Khasiat G-OFF Secara Keseluruhan :

  1. Mengobati dan Menyembuhkan asam urat
  2. Membantu meredakan rasa nyeri pada sendi
  3. Membantu meredakan pegal linu
  4. Membantu meringankan keluhan rematik
  5. Membantu menurunkan kadar asam urat

~ DAPATKAN G-OFF DENGAN KLIK DI SINI ~