Cara Mengobati Batu Ginjal – batu ginjal atau nefrolitiasis merupakan kondisi dimana terdapat endapan keras seperti krikil pada ginjal. Batu ginjal sendiri berasal dari limbah zat zat darah yang mengalami pengendapan.

Pada penyakit batu ginjal, penderitanya akan mengalami beberapa gejala seperti nyeri punggung bagian bawah atau lebih tepatnya di ginjal, sering buang air kecil, demam tinggi, dan juga urin yang mengeluarkan bau tak sedap. Penanganan batu ginjal juga dapat dilakukan dengan 2 macam cara pengobatan. Yaitu pengobatan medis dan juga pengobatan herbal. Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini lebih lanjut.

2 Alternatif Cara Mengobati Batu Ginjal

Mengobati batu ginjal dapat dilakukan dengan 2 macam cara. Yaitu pengobatan medis dan juga pengobatan herbal. pengobatan medis meliputi operasi,  ESWL, PCNL, dan juga uretroskopi. Sedangkan pengobatan herbal dilakukan dengan cara mengkonsumsi ramuan atau obat obatan herbal untuk menghancurkan batu ginjal. berikut penjelasan masing masing.

1. Melalui pengobatan medis

  • Operasi

Cara mengatasi batu ginjal melalui pengobatan medis yang pertama adalah operasi. Atau lebih tepatnya mengambil batu ginjal secara langsung melalui operasi atau pembedahan. Operasi pengambilan batu ginjal dilakukan dengan cara menyayat permukaan kulit bagian ginjal. setelah itu, dokter akan mengambil batu ginjal dengan hati hati.

  • ESWL (extracorporeal shock wave lithotripsy)

Semakin berkembangnya teknologi termasuk munculnya ESWL ini, membuat pengobatan batu ginjal dengan cara operasi dianggap jadul. Pasalnya, alternatif pengobatan batu ginjal ini sangat simple dan tidak ribet jika dibandingkan dengan operasi. Dokter tidak perlu menyayat permukaan kulit pasien. Dokter hanya tinggal menempelkan ESWL atau gelombang berfrekuensi tinggi pada bagian ginjal sampai batu ginjal menjadi hancur.

  • PCNL (percutaneous nephrolithotomy)

Cara mengatasi batu ginjal dengan PCNL sedikit lebih ribet dibandingkan dengan menggunakan ESWL. Prosedurnya pun hampir sama dengan operasi. PCNL dilakukan dengan cara menyayat permukaan kulit punggung bagian belakang (bagian ginjal), lalu dokter akan memasukkan alat yang disebut nephroscope pada bagian batu ginjal. lalu alat tersebut akan menghancurkan batu ginjal dengan sendirinya.

  • Uretroskopi

Cara mengobati batu ginjal dengan uretroskopi hampir mirip dengan cara PCNL. Bedanya, uretroskopi menggunakan alat yang juga bernama uretroskopi. Cara menggunakan uretroskopi adalah dengan cara memasukkan alat ini ke bagian ginjal untuk dihancurkan batu ginjal.

2. Melalui pengobatan herbal

Selain pengobatan medis, batu ginjal juga dapat diatasi dengan cara herbal. Cara herbal ini dianggap lebih aman karena pasien tidak akan khawatir jika organ tubuh lainnya terjadi sesuatu. Karena menghancurkan batu ginjal dengan herbal tidak akan membuat organ tubuh lainnya rusak. menghancurkan batu ginjal dengan pengobatan herbal dapat dilakukan dengan 2 cara.

Yang pertama adalah dengan mengkonsumsi secara langsung tanaman tanaman herbal yang dapat menghancurkan batu ginjal seperti buah mengkudu, daun selederi, buah mengkudu, jeruk nipis, bunga dandelion, daun pegagan, kumis kucing, buah lemon, dan bahan herbal lain yang dapat menghancurkan batu ginjal.

yang kedua adalah dengan mengkonsumsi ramuan herbal yang telah diracik menjadi obat. Entah itu obat kapsul maupun cair. Biasanya dijual di klinik khusus ataupun dijual oleh produsennya langsung.


MEMPERKENALKAN …

STONOF | OBAT HERBAL KAPSUL UNTUK MENGHANCURKAN BATU GINJAL

STONOF - Obat herbal kapsul batu ginjal

STONOF merupakan salah satu produk terbaru Pt. Lhiza herbal international. khasiat utama obat kapsul ini adalah untuk menghancurkan batu ginjal. Stonof adalah obat batu ginjal yang terbuat dari tanaman herbal seperti buah mengkudu, daun pegagan, kumis kucing, daun sambiloto, dan juga tanaman herbal rahasia lainnya.

Tanaman tanaman herbal tersebut terbukti sangat efektif menghancurkan batu ginjal tanpa merusak ginjal atau organ tubuh lainnya. Selain bermanfaat mengobati batu ginjal, stonof juga memiliki manfaat lain, yaitu ;

  1. Mencegah dan mengobati radang saluran kemih.
  2. Meredakan gejala gejala batu ginjal.
  3. Membersihkan toxin dan racun pada ginjal.
  4. Mencegah pembentukan batu ginjal.
  5. Memperbaiki fungsi ginjal.
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, stonof juga sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping apapun. Stonof sudah mendapatkan izin BPOM dengan nomor registrasi POM TR 173303491.


Artikel Terkait

9 tips menjaga kesehatan ginjal

batu ginjal; jenis, penyebab, gejala, diagnosa, & pengobatan

cara pencegahan batu ginjal