minuman tempe untuk hipertensi,khasiat tempe untuk hipertensi,minuman tempe untuk darah tinggi,minuman tempe untuk tekanan darah tinggi,minuman tempe untuk hipertensi,serbuk tempe untuk hipertensi,obat hipertensi alami,cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

Dunia kesehatan senantiasa berkembang. Banyak hasil penelitian baru nan penting untuk diketahui. Hasil penelitian tersebut memberikan manfaat yang besar bagi tiap orang. Salah satunya adalah informasi berikut ini.

Banyak orang yang seringkali menyepelekan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Padahal, penyakit ini sering disebut sebagai silent disease, karena sering tidak menimbulkan gejala. Tekanan darah yang terus menerus tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan komplikasi dengan penyakit lainnya. Di antaranya stroke, penyakit jantung, kebutaan, hingga gangguan fungsi ginjal. Tingginya kadar kolesterol juga dapat memicu peningkatan tekanan darah.

[Baca Juga] 9 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Nah, selama ini sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi kedelai dapat menurunkan hipertensi. Di Indonesia, kacang kedelai umumnya diolah dan difermentasi menjadi tempe. Tidak hanya dikonsumsi dengan cara digoreng, tumis, atau dibuat menu lainnya, kini telah ditemukan pengolahan tempe menjadi minuman tempe serbuk siap seduh. Produk ini tentu bersifat inovatif dan lebih praktis, mudah dikonsumsi dan lebih tahan lama.

Penelitian Oleh IPB

Empat orang peneliti yang terdiri dari Alfia Ansarullah, Hardinsyah dan Sri Anna Marliyati dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) Institut Pertanian Bogor (IPB) beserta Made Astawan dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB melakukan penelitian tentang efek intervensi minuman tempe terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi dan sekaligus hiperkolesterolemia.

“Pesatnya pengembangan tempe menjadi pangan fungsional yang dapat menurunkan tekanan darah, menjadi alasan untuk melakukan penelitian mengenai efek dari minuman berbasis tempe terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi dan hiperkolesterolemia,” ucap Hardinsyah, dalam rilis yang diterima VIVA, Jumat 26 Januari 2018.

Penelitian itu melibatkan sebanyak 30 pria dan wanita dewasa berusia 25-55 tahun menjadi subjek dengan kriteria belum mengalami menopause atau tidak sedang hamil, kadar kolesterol total ?200 mg/dl, tekanan darah 121-139 mmHg, dan tekanan darah diastolik 81-89 mmHg.

Subjek kemudian dibagi dalam tiga kelompok, yaitu kelompok yang diberi Minuman Tempe A (MTA) yang diformulasikan dari kedelai lokal yang dikecambahkan; Minuman Tempe B (MTB) yang diformulasikan dari kedelai impor; dan kelompok kontrol. Minuman tempe diberikan tiga gelas sehari selama empat minggu berturut-turut dan paling sedikit mengandung 25 gram protein per hari. Kelompok kontrol tidak diberi minuman tempe.

Dari hasil percobaannya, tim menemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada efek MTA dan MTB dibandingkan dengan subjek kelompok kontrol pada tekanan darah sistolik. Sementara, tidak terdapat perbedaan signifikan pada efek MTA dan MTB pada tekanan darah diastolik dibandingkan dengan kelompok kontrol, tapi kecenderungan mengalami penurunan.


CARDO-R

Penurun Tekanan Darah Tinggi yang Lebih Ampuh dan Efektif

Salah satu obat herbal untuk mengobati hipertensi adalah CARDO-R. Dengan kandungan herbal alami di dalamnya, seperti seledri, tumbuhan salam, dan pegagan, menjadikan CARDO-R obat herbal yang efektif untuk mengobati hipertensi. Dilihat dari komposisinya, jelas bahwa CARDO-R bukanlah obat sembarangan, namun obat herbal hipertensi yang alami dan aman.

CARDO R - OBAT HERBAL UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI


Formula Hebat 3 Herbal Berkhasiat

Seledri

Tumbuhan Salam

Pegagan


Apa saja keunggulan CARDO-R?

  1. Alami karena terbuat dari 100% bahan herbal alami dan tanpa campuran bahan kimia berbahaya.
  2. Kemasan yang praktis membuatnya mudah dibawa ke mana saja.
  3. Mudah dikonsumsi karena diproduksi dalam bentuk kapsul siap minum.
  4. Aman karena diproses secara higienis, modern, dan terstandar.
  5. Telah terdaftar BPOM dengan nomor POM TR 173302361.

Cardo-R | Obat Herbal Hipertensi atau Darah Tinggi Aman BPOM


Selengkapnya tentang CARDO-R Herbal Hipertensi, klik disini


ARTIKEL LAINNYA:

Nah Ini, Khasiat Daun Salam Untuk Hipertensi

Jenis Obat Hipertensi di Apotek Serta Efek Sampingnya

10 Mitos Seputar Penyakit Hipertensi

5 Kesalahan yang Menjadi Penyebab Hipertensi Tak Kunjung Sembuh